Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 12:38 WIB

Meminta Doa kepada Orang-orang Saleh

Jumat, 1 Februari 2019 | 11:00 WIB
Meminta Doa kepada Orang-orang Saleh
(Foto: Ilustrasi)

DARI Anas bin Malik radliallahu 'anhu, bahwa ibuku pernah berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, 'Wahai Rasulullah, anakku ini Anas adalah pelayanmu, doakanlah ia". Maka beliau berdoa: "Ya Allah, limpahkanlah hartanya, perbanyaklah anak-anaknya dan berkahilah atas apa yang Engkau berikan kepadanya." (HR. Muslim)

Hikmah Hadis:

1. Kasih sayang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kepada para sahabat dan seluruh umatnya, serta kedeatan beliau terhadap mereka. Sehingga mereka tiada enggan meminta sesuatu kepada beliau, termasuk memintakan doa.

2. Bolehnya memintakan doa melalui orang-orang saleh kepada Allah, agar diberikan keberkahan, keturunan, harta, usaha, dimudahkan dari kesulitan, dsb. Karena bisa jadi, melalui kedekatan dan ketakwaan mereka kepada Allah Ta'ala, Allah akan mengabulkan doa dan permohonannya.

3. Kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, yang selalu menginginkan kebaikan dan keberkahan untuk anak-anaknya. Dan umumnya doa seorang ibu kepada anaknya tiada pernah berhenti di setiap waktu.

4. Anjuran bagi orang-orang saleh untuk mendoakan orang-orang yang meminta didoakan. Karena setiap doa, adalah doa juga bagi dirinya dan tentunya akan menjadi amal saleh baginya.

Ya Allah, berkahilah umat ini, berkahilah dakwah ini, berkahilah yang membaca tulisan ini dan berkahilah yang menyebarkan tulisan ini. Amiiin Ya Rabbal Alamin.

Wallahu A'lam bis shawab. [Ustaz Rikza Maulan, Lc., M.Ag.]

Komentar

Embed Widget
x