Find and Follow Us

Minggu, 21 April 2019 | 12:13 WIB

Mendulang Hikmah dari Setiap Pertemuan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 4 Februari 2019 | 00:03 WIB
Mendulang Hikmah dari Setiap Pertemuan
(Foto: Ilustrasi)

SEORANG bapak tua keturunan Afrika yang menjadi imigran di Amerika bernama Mr Carman bersama anak semata wayangnya, Mr Carson berkunjung ke Indonesia. Destinasi akhirnya ternyata ke Sumenep Madura, tepatnya ke Pulau Giliyang yang dikenal sebagai pulau dengan oksigen terbaik sedunia.

Mereka berdua mendatangi Dinas Pariwisata untuk mencari tahu destinasi wisata itu. Kami pun bertemu dan berkenalan. Saya sampaikan bahwa saya asli Sumenep Madura dan penjelasan saya tentang Giliyang pasti lebih lengkap ketimbang Google. Mereka tertawa dan kamipun semakin akrab. Saya mohon maaf karena tak bisa mengantarkan mereka ke Sumenep, namun saya memberi saran agar bertemu dengan guide andalan saya, Haji Mat Kelor. Dijamin kisahnya lengkap dan tuntas.

Awalnya saya tidak tahu bahwa dua orang ini adalah orang tua dan anak. Mereka mengenalkan diri dengan cara yang lucu tapi memang faktanya begitu kata mereka. Mr Carman, sebagaimana namanya yang merupakan gabungan kata car (mobil) dan man (seorang lelaki) merupakan lelaki pemilik bengkel mobil. Sementara anaknya, Mr Carson yang merupakan gabungan dari kata car (mobil) dan son (anak lelaki), adalah anak satu-satunya yang lahir dalam mobil dalam sebuah perjalanan. Lucu, bukan?

Kami berkesimpulan sama bahwa nama itu punya makna dan juga memiliki pengaruh dalam kehidupan. Berilah nama yang baik untuk anak-anak kita. Itu hikmah pertama. Hikmah kedua adalah bahwa Carson merupakan anak baik. Apapun yang diinginkan ayahnya pasti dipenuhinya.

Sebelum kami berpisah, Carson berkata: "Ayahku yang mengenalkanku tentang dunia, maka ku bawa beliau keliling dunia semau dan sekuat beliau." Mr Carman meneteskan air mata haru, saya pun terenyuh haru dan pergi. Kini kupasrahkan urusan kepada Mat Kelor. Kita tunggu kisah dari Mat Kelor tentang tamu terhormat ini. Salam, AIM. [*]

Komentar

x