Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 11:58 WIB

Mendoakan Orang Tanpa Diketahui Sangat Mustajab

Rabu, 30 Januari 2019 | 07:00 WIB
Mendoakan Orang Tanpa Diketahui Sangat Mustajab
(Foto: Ilustrasi)

DARI Abu Darda sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa saudaranya tahu adalah sangat mustajab. Di atas kepala orang yang sedang berdoa ini ada malaikat yang menyertainya. Setiap dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat berkata, "Amin, engkau juga mendapatkan hal yang sama". (HR Muslim)

Ummu Darda meriwayatkan bahwa Abu Darda pernah berkata, "Seorang hamba muslim diampuni dosanya padahal dia sedang tidur". Ummu Darda bertanya, "Bagaimana maksudnya dia diampuni padahal dia sedang tidur?". Abu Darda menjelaskan, "Saat dia sedang tidur, saudaranya bangun malam untuk qiyamullail dan mendoakan orang yang sedang tidur ini. Doanya dikabulkan Allah. Lalu, orang yang tidur ini bangun dan juga bangun untuk qiyamullail dan juga mendoakan saudaranya yang pertama tadi. Doanya juga dikabulkan Allah". (HR Bukhari)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Termasuk perbendaharaan kebaikan adalah merahasiakan musibah, penyakit dan sedekah". (HR Abu Nuaim).

Dari Abu Hurairoh dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan perlindungan dari Allah pada saat tak ada perlindungan lain selain perlindungan Allah Ta'ala: seseorang yang bersedekah dan dia sembunyikan sedekahnya hingga tangan kirinya tak tahu apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya,.." (Muttafaq Alaih)

"Orang yang mengeraskan suara saat membaca Alquran bagaikan orang yang menampakkan sedekahnya. Dan orang yang merendahkan suaranya saat membaca Alquran bagaikan orang yang merahasiakan sedekahnya." (HR Ahmad).

Semoga kisah-kisah dalam Sunah di atas dapat menginspirasikan kita dalam beramal dan semoga Allah menerima segala amal ibadah kita. Amin. [Syahroni Mardani, Lc]

Komentar

Embed Widget
x