Find and Follow Us

Jumat, 21 Juni 2019 | 06:31 WIB

Tidak Ada Kebetulan

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 31 Januari 2019 | 01:11 WIB
Tidak Ada Kebetulan
(Foto: Ilustrasi)

SEMOGA Allah Swt, Yang Maha Menatap, senantiasa memberikan kepada kita taufik dan hidayah. Sungguh tidak ada artinya kita hidup di dunia jika tanpa petunjuk Allah Swt. Bagai tersesat di hutan belantara yang gelap gulita di malam hari tanpa setitikpun cahaya. Hanya kepada Allah kita memohon petunjuk dan pertolongan.

Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada Rasulullah Saw, rasul akhir zaman pembawa cahaya Islam.

Saudaraku, kita harus meyakini bahwa tidak ada satupun kejadian di alam semesta ini yang kebetulan. Tidak ada satupun peristiwa yang sia-sia tanpa makna. Sesungguhnya Allah Swt Maha Kuasa, semuanya mutlak ada dalam kekuasaan-Nya.

Saat berjalan, tiba-tiba kaki kita menginjak kulit pisang sehingga kita terpeleset. Mungkin kita langsung menggerutu dan kesal kepada orang yang telah membuang kulit pisang itu sembarangan. Orang tersebut salah jika memang sengaja membuangnya sembarangan. Tapi, ada yang lebih penting untuk kita pikirkan. Yaitu, mengapa dari sekian banyak orang yang lewat, harus kita yang mengalami kejadian itu?

Yakinlah bahwa setiap kejadian di alam ini ada dalam kekuasaan dan pengetahuan Allah Swt. Kejadian seperti demikian itu bukanlah kebetulan. Tidak akan terjadi jikalau Allah tidak mengizinkan. Lantas mengapa terjadi pada kita? Di sinilah ujian bagi kita, apakah akan meresponnya dengan mengutuk keadaan, ataukah segera beristighfar mengintrospeksi diri. Bisa jadi ini pengingat dari Allah Swt, siapa tahu kaki kita sangat jarang melangkah ke masjid untuk sholat berjamaah.

Allah Swt berfirman, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, maka peliharalah Kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imran [3] : 191)

Bahkan, bagi orang yang keyakinannya kepada Allah sudah lebih kuat dan terlatih, akan mensikapi setiap kejadian sepahit apapun, dengan respons terbaik berupa dzikir dan tafakur. Sehingga ia menjadi orang yang beruntung karena setiap kejadian bisa menjadi wasilah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Semakin ia melatih diri dengan cara seperti ini, maka semakin Allah Swt. mencintainya. Semakin ia sabar, semakin Allah ridho kepadanya, semakin Allah memudahkan setiap urusannya. MaasyaaAllah!

Seekor lalat. Serangga kecil yang seringkali berada di tempat kotor, mungkin selalu kita anggap remeh tak berarti. Kehadirannya sambil lalu saja, seringkali luput dari tafakur kita. Padahal, secara ilmiah terbukti bahwa setiap lalat hinggap di satu titik tempat, maka akan ada perubahan zat kimia di tempat itu yang disebabkan enzim yang di bawa lalat itu. Dan, hal ini sudah dijelaskan oleh Allah Swt, "..Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tidaklah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu.." (QS. Al Hajj [22] : 73).

Saudaraku, sungguh tak ada yang kebetulan di dunia ini dan tak ada yang sia-sia. Ada kekuasaan Allah di balik setiap peristiwa dan selalu ada hikmah di balik setiap kejadian. Sekecil apapun kejadian, semoga bisa menjadi bahan introspeksi diri, bahan tafakur bagi kita, dan sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x