Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 20:38 WIB

Enggan Terjerumus dalam Sum'ah Jelang Kematian

Selasa, 22 Januari 2019 | 16:00 WIB
Enggan Terjerumus dalam Sum'ah Jelang Kematian
(Foto: Ilustrasi)

DARI Muhammad bin Syuaib dan Said bin Abdil Aziz berkata, "Pada masa pemerintahan Muawiyah terjadi kemarau panjang. Muawiyah keluar untuk salat Istisqa bersama masyarakat. Ketika mereka tiba di tempat yang akan digunakan untuk salat Istisqa, Muawiyah berkata kepada Abu Muslim, Bukankah engkau mengetahui apa yang dikehendaki masyarakat ini?

Abu Muslim menjawab, Mungkinkah aku melakukannya sementara aku mempunyai banyak kekurangan.

Kemudian beliau bangkit, di atas kepalanya beliau memakai sejenis tutup kepala. Lalu tutup kepala itu dibuka, selanjutnya beliau mengangkat kedua tangannya seraya berdoa, Ya Allah, sesungguhnya hanya kepadaMu-lah kami meminta hujan. Aku datang menghadapMu dengan segenap dosaku. Janganlah Engkau tolak permohonanku ini. Maka sebelum orang-orang beranjak pergi, hujan pun turun.

Abu Muslim bermunajat, Ya Allah, sesungguhnya Muawiyah telah mengangkatku ke posisi yang sarat dengan sumah (perbuatan yang dilakukan dengan maksud agar orang lain mendengar/ tahu, pent.). Sekiranya terdapat satu kebaikan pada diriku, maka terimalah aku di sisimu (wafatkanlah aku)."

Peristiwa itu terjadi pada hari kamis. Dan pada hari kamis berikutnya Abu muslim meninggal dunia." (Az-Zuhd, karya Imam Ahmad, hal 392.)

[Sumber: 99 Kisah Orang Shalih / alsofwah]

Komentar

Embed Widget
x