Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 07:57 WIB

Salah satu Cara Agar Doa Mustajab

Oleh : Quraniy | Selasa, 8 Januari 2019 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Salah satu Cara Agar Doa Mustajab
(Foto: ilustrasi)

BERDOA adalah ibadah. Hal ini sebagaimana Nabi sampaikan dalam sebuah hadits. Rasulullah shalallaahu alaihi wasallam bersabda, "Doa adalah Ibadah" (HR. Tirmidzi). Hal ini tentunya menunjukkan, pendeknya, apabila kita (berdoa) meski hanya mengucapkan "Wahai Rabb semeta alam, Wahai Pemilik langin dan bumi serta yang ada dikeduanya,.. Wahai Rabb-ku,.."dan kita bersungguh-sungguh dalam memanjatkannya, niscaya Allah berikan pahala untuk kita. Belum pula doa dikabulkan, Allah telah berikan kebaikan berupa pahala.

Salah satu cara dari berbagai cara yang disyariatkan agar doa dikabulkan Allah adalah dengan menyebut nama dan sifat Allah ketika berdoa. Yakni berdoa dengan berwasilah atau berperantara menggunakan Asmaul Husna. Hal ini sesuai dengan syariat kita yang berlandaskanpada dalil dan contoh Nabi yang mulia.

Allah Azza Wa Jalla berfirman, "Hanya milik Allah-lah nama-nama yang husna. Maka berdoalah dengan menyebut nama-nama yang husna itu."(QS. Al-Araf: 180). Ayat ini menjadi dalil menggunakan Asmaul Husna dalam berdoa. Sebagaimana dalam potongan ayat "maka berdoalah dengan menyebut nama-nama yanghusna itu". Dan ini adalah perintah Allah.

Berdoa menyertakan Nama Allah pun sudah dicontohkan para Nabi. Allah Azza Wa Jalla mengabarkan tentang doa Nabi Musa Alaihissalam, "Maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. DanEngkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya."(QS. Al-Araf: 155). Begitu pula Nabi Isa Alaihissalam,"Berilah kami rizki, danEngkaulah Pemberi rizki yang paling utama."(QS. Al Maidah : 114).

Al Ghaffar dan Ar Razzaq adalah dua nama mulia Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna. Kita bisa mencontoh doa Nabi Musa dengan menyertakan/menyebutkan Al Ghaffar ketika kita memohon ampunan Allah. Begitupun kita bisa menyebut atau menyertakan Ar Razzaq saat berdoa meminta rezeki kepada Allah.

Ada sembilanpuluh sembilan Nama Allah yang terangkum dalam Asmaul Husna. Kita bisa menyebut beberapa diantaranya dalam doa-doa kita. Tentu alangkah baiknya bila disesuaikan dengan permintaan pada doa kita. Semoga dengan melengkapi Asmaul Husna dalam doa kita, doa-doa kita dikabulkan oleh Allah. [*]

Komentar

Embed Widget
x