Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 15:11 WIB

Buat Apa Anda Ada di Dunia Ini?

Jumat, 28 Desember 2018 | 06:00 WIB
Buat Apa Anda Ada di Dunia Ini?
(Foto: ilustrasi)

BEKERJA di dunia nyata berarti bahwa kita berpartisipasi penuh dalam keriuhan hidup: membeli, menjual, menikah, membesarkan anak, dan lain-lain.

Kita diminta untuk mewaspadai isu-isu harian, bahkan dalam hitungan jam, yang muncul dalam hidup saat kita berinteraksi dengan keluarga, sahabat, kerja, dan masyarakat. Kerja itu melibatkan kita dengan membawa cahaya kesadaran untuk bersinar lembut pada bayangan yang muncul dalam hubungan dan interaksi kita.

Bisakah kita mengenali elemen-elemen ini dalam kepribadian kita, menghadapi elemen-elemen tersebut, dan bekerja melalui elemen-elemen ini untuk menjadi diri kita yang lebih matang?

Bekerja di alam gaib berarti mengembangkan praktik-praktik yang meluaskan dan memperkaya diri kita. Dari waktu ke waktu, kita perlu menyelami perairan yang memberikan kehidupan, berdiam diri, tafakur, salat, alam, musik, matahari terbenam, tawa, segala sesuatu yang menghubungkan kita dengan misteri luas tempat kita tenggelam di dalamnya.

Alquran mengatakan bahwa segala sesuatu di dunia nyata berakar pada dunia gaib. Siramilah akar-akar gaib itu dari waktu ke waktu. Untuk perkembangan batin, kita perlu bekerja di kedua dunia.

Jika Anda bersikeras hanya bekerja di dunia nyata, karena Anda seorang realis, Anda tidaklah lebih dari seorang "pegawai yang tertindas". Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencapai batas kepribadian Anda dan menjalani hidup "putus asa yang sunyi".

Jika Anda bekerja hanya di dunia gaib dan menghindari isu-isu yang muncul dalam diri saat Anda berhubungan dengan keluarga, masyarakat sekitar, dan masayarakat di dunia nyata, Anda akan menghindari aktualitas dari kehidupan Anda sendiri. Lalu, buat apa Anda ada di dunia ini?

[Buku Wajah Sejuk Agama]

Komentar

Embed Widget
x