Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 08:05 WIB

Suami yang Baik

Oleh : Quraniy | Rabu, 12 Desember 2018 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Suami yang Baik
(Foto: Ilustrasi)

Bukan sekadar menyatukan sepasang manusia, yaitu pernikahan yang berdasarkan niat yang ikhlas mengharapkan balasan pahala dari Allah, keridhaan-Nya, dan mengharapkan surga-Nya.

Pernikahan merupakan ibadah yang agung, menyempurnakan setengah agama seorang muslim atau muslimah. Pernikahan akan mendatangkan kebahagiaan, ketenangan, cinta kasih, dan ketentraman.

Wahai para suami, kamu bukan seorang malaikat, dan istrimu juga bukan seorang bidadari yang luput dari kesalahan dan kekurangan. Sudah merupakan kepatutan dan keharusan bagi setiap suami supaya berlemah lembut kepada istrinya. Bahwa Allah Taala berfirman "Dan bergaullah dengan mereka (para istri) dengan cara yang baik." (QS. An-Nisa: 19)

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Sebaik-baik seorang lelaki dari kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya." (HR. At-Tirmidzi)

Ibnu Katsir berkata, "hendaknya kalian perindah ucapan kalian terhadap mereka, dan baguskanlah sikap dan penampilan sesuai kemampuan. Sebagaimana kamu menyukai istrimu berbuat semua hal tersebut, maka hendaknya kamu melakukan hal yang sama."

Seorang wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Dan Rasulullah berwasiat kepada setiap suami agar memperhatikan dan menunaikan semua hak para istrinya. Maka janganlah seorang suami marah ketika mendapati kesalahan dari istrinya, karena pada hakikatnya dia akan menemukan banyak hal yang baik pada istri terkasihnya.

Ingatlah! Anda wahai "suami", bahwa anda harus bertakwa kepada Allah dan takut kepada-Nya. Anda telah menikahi istrimu dengan amanat dari Allah Subhanahu wa Taala. Maka janganlah anda hancurkan kebahagiaan yang telah engkau bangun selama ini! Istrimu yang telah melakukan kesalahan, dan adalah tanggung jawabmu untuk memaafkannya dan memperbaiki kesalahan tersebut. Jadikanlah dia bahagia karena baik sangkanya kepada Allah yang telah memilihmu untuk menjadi Imam pemimpin untuknya. Jadikanlah dia bahagia sebagai istrimu di dunia dan istimu di surga.

Ya Allah, masukanlah kami ke dalam surga Adn, berkumpul bersama kakek nenek moyang, istri kami dan semua anak keturunan kami. [*]

Komentar

Embed Widget
x