Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 01:06 WIB

Berapa Kebaikan yang Kau Raup Hari Ini?

Oleh : Quraniy | Kamis, 6 Desember 2018 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Berapa Kebaikan yang Kau Raup Hari Ini?
(Foto: Ilustrasi)

SAUDARAKU, waktu kita tidak lama hidup di dunia. Bahkan kita tidak pernah mengetahui seberapa pendek waktu yang ada untuk kita. Kita hari ini masih bisa bernafas dan beraktifitas, bukan berarti pasti lusa atau besok kita masih sama. Hendaknya kita mempergunakan waktu yang ada untuk ketaatan pada Allah.

Lalu bagaimana kita dapat melaksanakan seluruh aspek ketaatan sedang kemampuan dan waktu kita terbatas? Sesungguhnya Allah Maha Adil dan Maha Tahu. Kerjakanlah amal shalih yang kita mampu. Utamakan dahulu kewajiban (fardhu ain) yang dibebankan pada diri kita. Lakukan sholat wajib lima waktu di awal waktu dan dengan khusyu. Selanjutnya lakukan amalan utama lainnya yang disukai Allah.

Berikut beberapa amalan yang InsyaAllah kita dapat meraup banyak kebaikan dari Allah.

Pertama, berjalan mendatangi Masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah. Dari Abu Hurairahradhiyallahu anhu, Nabishallallahu alaihi wa sallambersabda,"Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan." (HR. Ahmad, 2:283. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih). Sholat wajib berjamaah di masjid sendiri mendatangkan banyak pahala, berjalan melangkah menuju masjid untuk sholat berjamaah nya pun mendapatkan kebaikan dan dihapuskan kejelekan. Masya Allah.

Kedua, membaca Al Quran. Al Quran adalah kitabullah yang apabila dibaca maka pembacanya akan mendapat pahala yang besar. Perhatikan sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam berikut ini, "Abdullah bin Masudradhiyallahu anhuberkata: "Rasulullahshallallahu alaihi wasallambersabda:"Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif-Laam-Miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf." (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami, no. 6469).

Bila kita duduk khusyu membaca kitabullah kurang lebih 5 menit, dan dapat membaca 30 ayat yang misal masing masing ayat terdiri dari 20 huruf saja, maka kita InsyaAllah akan mendapatkan 6000 kebaikan. MasyaAllah.

Amalan lain yang bernilai adalah berdzikir. Banyak kalimat dzikir yang matsur yang dapat mendatangkan pahala besar bagi pembacanya. Ada dzikir yang kita baca bila memasuki pasar. Bacaan dzikir ini sangat besar manfaatnya. Dari Umar bin Khatabradhiyallahu anhu, bahwa Rasulullahshallallahu alaihi wa sallambersabda,"Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ALA KULLI SYAIIN QODIIR, Siapa yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan."

Ada pula dzikir yang ringan di lisan, namun berat di timbangan mizan di akhirat kelak. Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,"Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman (Allah) yaitu "Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil azhim" (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

Selain amalan di atas, bersabar adalah sebuah amalan yang pahalanya tidak terbatas. Bersabarlah menghadapi ujian dan musbiah dari Allah, dan bersabar dalam menapaki ketaatan pada Allah dan dalam menjauhi larangan Allah. Sebagaimana Allah kabarkan dalam Al Quran surat Az Zumar ayat 10, "Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya."

Demikian beberapa amalan yang dapat mendatangkan pahala banyak bagi pelakunya. Tentunya masih banyak lagi amalan-amalan yang diperintahkan Allah yang mengandung banyak pahala. Seperti misal umrah, birrul walidain, dan lain-lain. Mari lakukan ketakwaan sesuai kemampuan kita. Mari senantiasa memanfaatkan waktu kita untuk kebaikan. [*]

Komentar

Embed Widget
x