Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 01:13 WIB

Subhanallah, Ini Dampak Udara Pagi Bagi Kesehatan

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:00 WIB

Berita Terkait

Subhanallah, Ini Dampak Udara Pagi Bagi Kesehatan
(Foto: Ilustrasi)

DR. AL-RAWI mengatakan, "Sesungguhnya udara pagi yang berembus di waktu fajar memiliki pangaruh yang besar terhadap kesegaran tubuh manusia karena udara pada waktu seperti itu kaya dengan oksigen, dan kita mengetahui bahwa xaxt itu sangat penting bagi kesehatan saraf, perasaan, jiwa, dan juga fungsi jaringan tubuh serta pikiran."

Sama halnya, waktu fajar juga sangat penting untuk menjaga kualitas suara sehingga para qari selalu membiasakan diri bangun di waktu fajar yang sangat tepat untuk melatih kekhusyukan dan kekuatan konsentrasi karena saat seperti itu masih hening dan murni.

Dalam Alquran menyebutkan keutamaan waktu fajar dalam firman-Nya : "dan (dirikanlah pula salat) fajar. Sesungguhnya salat Fajar itu disaksikan (malaikat). (QS. Al-Isra : 78 )

Artikel yang ditulis oleh Dr. al-Rawi yang dimuat dalam Majalah Hadharah al-Islam, mengatakan, "Hadis Nabi saw yang mulia dan penuh mukjizat yang memohon kepada Allah swt, agar ia memberkati umatnya pada pagi hari meeka mengandung petunjuk yang jelas tentang keutamaan pagi hari dan keistimewaan hawa pagi untuk meningkatkan kekuatan akal dan kesehatan tubuh. Bahkan para ahli kesehatan menganjurkan kepada siapa saja yang ingin awet muda atau ingin menghindari penuaan dini agar bangun pada waktu fajar kemudian membiarkan tubuhnya menikmati kesegaran hawa fajar yang kaya dengan ozon (oksigen)."

Bangun pada waktu fajar sangat bermanfaat bagi orang yang sudah lanjut usia untuk menyegarkan sel-sel tubuhnya dan mengurangi tekanan penyakit sesak napas atau dada serta lemah jantung.

Beberapa peneliti juga mengatakan bahwa kadar hormone kortisol mencapai puncaknya pada pagi hari, dengan jumlah mencapai 7 hingga 22 mg/ml darah, dan mencapai kadar paling rendah saat sore hari. seperti yang kita tahu, hormone kortisol merupakan hormone penting dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan aktivitas tubuh.

Sebagai umat muslim, selain untuk mendirikan dua rakaat Subuh, dengan bangun pada pagi hari akan membuat kita menghadapi dan mengawali hari dengan semangat dan energi yang tinggi. Kita akan merasakan kekuatan akal dan tubuh sehhingga kita bisa bekerja lebih produktif dan memberikan manfaat untuk orang-orang lain yang membutuhkan. [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x