Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 01:45 WIB

Bekam dan Faedahnya Bagi Kesehatan

Minggu, 2 Desember 2018 | 07:00 WIB

Berita Terkait

Bekam dan Faedahnya Bagi Kesehatan
(Foto: Ilustrasi)

BEKAM memiliki banyak sebutan, seperti : badkesh, bahnkes, bekam, buhang, bentusa, kuyukaku, gak hoi, hijama, dan banyak lagi nama-nama lainnya. Jika dilakukan secara benar, hasil akhirnya sama.

Bekam merupakan proses pembentukan wilayah dengan tekanan udara rendah pada tubuh, tepatnya pada kulit dengan menggunakan suatu efek vakum. Ada berbagai macam alat yang biasa digunakan, berbagai metode dalam menciptakan tekanan udara yang rendah, dan juga ada berbagai prosedur yang berbeda yang biasa dilakukan.

Proses kerja bekam adalah dengan menghilangkan darah kotor yang tidak beredar pada suatu tempat tertentu pada tubuh, maka hal tersebut akan meningkatkan peredaran darah pada tempat tersebut, bahkan pada seluruh tubuh.

Alat kup yang digunakan dapat memiliki berbagai bentuk, seperti bola atau lonceng, dan dengan ukuran mulut yang berbeda-beda diameter 22mm-75mm. Bahan yang umum digunakan saat ini adalah plastik atau kaca, menggantikan kup tanduk, tembikar, perunggu dan bambu yang biasa digunakan di zaman dulu.

Tekanan udara yang rendah yang dibentuk didalamnya dapat tercipta melalui pemanasan alat kup atau pemanasan udara didalamnya dengan api atau dengan merendamnya dalam minyak panas, kemudian diletakkan diatas permukaan kulit. Saat udara di dalam kup menjadi dingin, dia akan menarik kulit ke dalam. Namun, saat ini kita akan dengan mudah menjumpai metode yang baru-baru ini digunakan adalah vakum. Dapat diciptakan dengan menggunakan pompa penyedot mekanisme dengan alat pompa berada pada bagian atas ku. Kup karet juga bisa digunakan untuk memompa udara keluar dan menciptakan permukaan kulit yang rata dan menggelembung.

Bekas pada kulit yang berwarna merah atau hampir hitam biasanya aka nada setelah kup dilepas. Biasanya, makin lama kup terpasang pasa kulit makin gelap warna lingkaran pada kulit. Pada umumnya perawatan ini tidak menyakitkan , tetapi jika pasien merasakan sakit maka kup dapat dilepas dan mungkin dapat dipasang kembali jika posisi awal tidak benar sehingga menyebabkan rasa sakit.

Dalam buku " Rasulullah is My Doctor" yang ditulis oleh Jerry D Gray, disebutkan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh proses bekam, antara lain : alergi, asma, sakit punggung, kolesterol terlalu tinggi, penyakit peredaran darah, sakit dada, batuk, sakit perut, diabetes, diare, depresi, penyakit di dada dan tenggorokan, permasalahan ereksi, masalah mata, demam, rasa sakit di kepala dan mata, penyakit hati, infeksi otot hati, tekanan darah tinggi, memperbaiki sirkulasi darah, masalah persendian, ginjal, penyakit liver, tekanan darah rendah,sakit paru, sakit di leher dan pundak, rematik pada otot, sihir, sinusitis, stress, stroke, sakit gigi, amandel, dan vertigo.

[Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS.Ibnu Sina]

Komentar

Embed Widget
x