Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 00:10 WIB

Renungkan dan Buktikan! Inilah Manfaat Bersedekah

Sabtu, 1 Desember 2018 | 08:00 WIB
Renungkan dan Buktikan! Inilah Manfaat Bersedekah
(Foto: Istimewa)

SUNGGUH manfaat bersedekah akan dirasakan langsung bagi siapapun yang telah melakuan ikhlas dan mempercayaikan amalan ini. Ada banyak kisah sedekah di sekitar kita yang dapat diambil sebagai pelajaran. Seperti dua kisah sedekah dalam al-Targhib wa al-Tarhib oleh Imam al-Mundziri berikut ini:

1. Diriwayatkan dari Baihaqi dari Ali ibn Syaqiq dari Ibn al-Mubarak bahwa ia ditanya seorang laki-laki, "Wahai Abu Abdurrahman, ada nanah yang selalu keluar dari luka pada lututku sejak tujuh tahun yang silam. Aku telah berusaha mengobatinya dengan berbagai macam obat. Aku telah bertanya kepada para dokter, tetapi aku belum mendapatkan terapi atau obat yang dapat menyembuhkannya."

Ibn al-Mubarak berkata, "Pergilah dan carilah sebuah tempat yang penduduknya benar-benar membutuhkan air. Kemudian galilah sumur di sana. Aku berdoa mudah-mudahan di sana kau mendapatkan mata air. Kemudian, basuhlah lukamu yang bernanah itu dengan air dari sumur yang kau gali."

Kemudian, laki-laki itu mengerjakan nasihat Ibn al-Mubarak dan diceritakan bahwa luka di kakinya sembuh dan tidak ada lagi nanah yang keluar. Kesembuhannya itu merupakan berkah dan balasan kebaikan untuk orang itu karena telah memberikan sedekah berupa sumur air yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Diriwayatkan pula dari al-Baihaqi sebuah kisah tentang seorang tua bernama al-Hakim ibn Abdillah. Diwajahnya ada luka yang membusuk dan ia telah mencoba mengobatinya dengan berbagai macam obat. Tetapi, lukanya itu tak kunjung sembuh hingga akhirnya ia menemui Imam Abu Utsman al-Shabuni dan memintanya mendoakan kesembuhannya kepada Allah di majelisnya pada hari Jumat. Abu Utsman memenuhi permintaan itu. Ia berdoa memohon kesembuhan kepada Allah dan jemaah Jumat yang hadir saat itu mengamini permohonannya.

Pada Jumat berikutnya, seorang perempuan yang biasa menghadiri majelis itu mendapat ilham agar ia pulang ke rumah dan mendoakan kesembuhan bagi al-Hakim pada malam itu. Setelah berdoa, ia tidur dan dalam tidurnya mimpi bertemu Rasulullah saw yang berkata padanya, "Katakanlah kepada Abu Abdillah agar menyediakan air untuk kaum muslim."

Keesokan paginya, wanita itu menemui al-Hakim dan menceritakan mimpinya. Maka, al-Hakim memerintahkan orangnya untuk membangun sumur yang le bih luas di dekat rumahnya demi kepentingan umat.

Usai membangun sumur itu, ia meminta orang-orang untuk mengalirkan airnya seraya melemparkan sebongkah es kedalamnya. Orang-orang pun mulai memanfaatkan sumur itu untuk keperluan mereka.

Selang seminggu, luka di wajah al-Hakim mulai membaik hingga akhirnya luka bernanah itu sepenuhnya sembuh dan wajahnya kembali sediakala, bahkan lebih baik lagi. Ia masih hidup beberapa tahun setelah peristiwa itu. [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x