Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 01:22 WIB

Sekecil Apapun Kebaikan Lakukanlah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Sabtu, 1 Desember 2018 | 00:03 WIB

Berita Terkait

Sekecil Apapun Kebaikan Lakukanlah
(Foto: Istimewa)

HARI ini adalah hari yang baru yang berbeda dengan hari kemarin, bahkan berbeda dengan hari Ahad kemaren walau sama-sama Ahadnya. Membiarkan hari-hari tanpa nilai adalah sebuah bentuk langkah pembangkrutan diri tanpa dirasa.

Kalau memang kita berkehendak lebih bahagia dalam hidup, lakukanlah hal-hal baru yang lebih bernilai. Melakukan hal yang sama dengan berharap hasil yang berbeda merupakan kebodohan tersembunyi. "If you change nothing, nothing will change"

Lakukanlah sesering mungkin segala kebaikan yang mungkin dilakukan, sekecil apapun. Keindahan akibat hanya akan dirasakan oleh mereka yang melakukan sebab, bukan oleh mereka yang hanya berencana dan menyatakannya tanpa mewujudkannya. Teringatlah saya pada kata mutiara yang sangat terkenal: "Lakukan segala yang indah, ia akan kembali kepadamu".

Semua rasa indah bahagia yang kita letakkan di hati seseorang sungguh akan Allah letakkan hal yang sama di hati kita pada masa yang lain. Demikian juga rasa yang lain akan tiba pada kita sesuai dengan apa yang telah kita lakukan. Lakukanlah kebaikan. Kata para ulama, tak akan paham indahnya akibat berbuat kebaikan kecuali orang yang telah mencobanya.

Ringankan beban orang lain dan bantulah mereka keluar dari kegelisahan, maka pada saatnya nanti Allah akan keluarkan kita dari kegelisahan hidup, di dunia dan di akhirat kelak. Hidup bagaikan jalan lingkar yang pada akhirnya saat kita jalani akan mengembalikan kita pada titik yang sama. Selamat pagi, salam sejahtera. AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x