Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 00:09 WIB

Pindahkan Batu dan Duri yang Mengganggu Kita

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 26 November 2018 | 00:05 WIB

Berita Terkait

Pindahkan Batu dan Duri yang Mengganggu Kita
(Foto: ilustrasi)

SERING sekali kita bertemu dengan hambatan di jalan. Ada yang berupa batu baik kecil atau besar, tajam atau tumpul. Kita biasanya bisa menyelesaikan dengan baik, dengan memindahkannya ke pinggir agar tak mengganggu jalan kita lagi.

Kita sering bertemu dengan duri atau paku di jalan kita. Ia sangat mengancam jalan kita karena bisa melukai kita. Kita biasanya akan mengambilnya dan meminggirkannya atau bahkan membuangnya ke kotak sampah. Kita sukses.

Dalam menjalani hidup, seringkali kita bertemu dengan manusia yang mengganggu kehidupan kita, menyakiti dan atau mengancam kebahagiaan kita. Harus diapakan orang semacam ini? Tak usahlah terlalu berat berpikir metoda menghadapinya. Anggap saja mereka bagai batu atau duri dalam kisah di atas. Singkirkan, pinggirkan dan atau buang saja ke kotak sampah.

Manusia itu adalah bagian dari alam semesta. Mereka ada yang bagai bunga-bunga pengindah kehidupan kita. Macam yang begini bisa kita pelihara untuk berada di dekat kita. Ada pula yang bagai pohon berduri tanpa buah. Macam yang ini sebaiknya ditebang saja dan digantikan pohon berbuah.

Cerdaslah dalam memilih teman atau sahabat kehidupan. Salah pilih adalah penderitaan. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x