Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 19:01 WIB

Arti Sahabat dalam Kehidupan Kita

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 23 November 2018 | 00:01 WIB

Berita Terkait

Arti Sahabat dalam Kehidupan Kita
(Foto: Istimewa)

"BIASAKANLAH menjaga hubungan persahabatan dengan baik. Sahabat yang baik itu bagaikan lampu yang menyinari. Sayangnya seringkali sinarnya tak begitu tampak kecuali ketika dunia di sekelilingmu menjadi gelap." Kata-kata bijak itu disampaikan oleh Syekh Hasan Bashri yang kelembutan dan kehalusan kalimatnya telah menempati banyak hati yang membaca dan mendengarnya.

Sangat lazim kita lihat ada banyak orang yang berteman dan mengeratkan hubungan persahabatan hanya ketika butuh saja, ketika ada masalah saja, dan ketika sedang tak menemukan tempat damai di sekelilingnya. Model seperti ini tak pantas dijadikan teladan, karena biasanya akan berjalinkelindan dengan sifat iri hati dan dengki, senang melihat sahabatnya hancur dan sedih jika sahabatnya mujur.

Dunia berputar, kisah hidup silih berganti, jalanpun sering bercabang dengan arah yang berbeda-beda. Sahabat menjadi bagian penting dalam proses hidup itu, karena itu kita harus belajar tulus ikhlas mempersembahkan yang terbaik bagi sahabat untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak.

Bersahabat akrablah dengan orang yang kita anggap bisa menjadi sahabat untuk bahagia di dunia dan akhirat. Sahabat yang menjauhkan kita dari Allah tentu bukan sahabat yang kita harapkan. Namun doakan saja mereka menjadi orang yang mau menjalani hijrah, mutasi dari ketidakbaikan menuju kebaikan.

Mari kita belajar menjadi sahabat yang baik, sahabat yang berdoa bukan hanya untuk dirinya, melainkan juga untuk sahabat-sahabatnya dan orang lain yang membutuhkan, sahabat yang tak pernah bosan membantu sahabat-sahabatnya. Jangan pernah menukar persahabatan dengan kepentingan sesaat, apalagi dengan keinginan sesat. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x