Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 03:26 WIB

Perbedaan Mengantuk dan Tidur Menurut Alquran

Senin, 19 November 2018 | 12:00 WIB
Perbedaan Mengantuk dan Tidur Menurut Alquran
(Foto: ilustrasi)

ALLAH swt berfirman, "Allah, tidak ada Tuhan selain Dia Yang Mahahidup dan senantiasa mengurus (makhluk-Nya ), tidak mengantuk dan tidak tidur." (QS Al-Baqarah : 225 )

Ayat ini menjelaskan perbedaan antara mengantuk dan tidur. Mengantuk adalah keadaan ketika kita mengalami kehilangan kesadaran terhadap keadaan di sekitar selama beberapa saat, tetapi akan segera kembali sadar dan tidak terus tenggelam dalam keadaan tidur.

Sementara mengenai tidur, mengutip buku "Mukjizat Kesehatan Ibadah" dituliskan beberapa jenis tidur yang disebut dalam Alquran, di antaranya:

1. Al nuas, atau tidur ringan yang disebutkan dalam firman Allah: "(Ingatlah) Ketika Allah menjadikanmu tidur (al-nuas) sebagai penenteraman dari-Nya." (QS.Al-Anfal:11). Dalam ayat tersebut al-nuas berarti tidur ringan yang tidak memunculkan mimpi atau igauan.

2. Al-Subat yang berarti tidur pulas ketika seseorang sepenuhnya kehilangan kesadaran.

3. Al-Manam atau tidur biasa yang disebutkan dalam firman Allah: "(Yaitu) Ketika Allah menampakkan mereka kepadamu dalam tidur (al-manam) dalam jumlah yang sedikit." (QS. Al-Anfal : 43) juga firman Allah pada surah Al-Shaffat : 102. Al-Manam yang disebutkan dalam ayat-ayat itu berarti salah satu episode tidur yang memungkinkan seseorang mengalami mimpi.

4. Istilah lain untuk tidur yang disebutkan dalam Al-Quran adalah al-riqad atau tidur yang sangat pulas yang hanya digunakan dalam dua keadaan, yaitu keadaan para pemuda yang tidur dalam gua (ashhab al-kahf ) sebagaimana disebut Allah dalam firman pada surah Al-Kahfi ayat 18. Kata riqad juga dipergunakan untuk menyebutkan kedaan manusia setelah mereka mati, sebagaimana firman Allah dalam Yasin ayat 51-52.

Itulah beberapa istilah tidur yang disebutkan Allah dalam Alquran, semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan, khususnya bagi kita umat-Nya. [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x