Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 22:12 WIB

La Ilaha illallah, Amalan yang Mendekatkan Surga

Jumat, 9 November 2018 | 14:00 WIB

Berita Terkait

La Ilaha illallah, Amalan yang Mendekatkan Surga
(Foto: Istimewa)

MANUSIA adalah tempatnya melakukan kesalahan, dan semua manusia tanpa terkecuali bisa melakukan kesalahan. Dan kesalahan bisa terjadi kerena penyimpangan terhadap norma-norma kehidupan.

Dan mengakui kesalahan juga menerima kesalahan diri sendiri dapat memberikan tingkat kepuasaan tertentu dalam diri kita. Dan Islam mangajarkan kita untuk selalu jujur dan mengakui kesalahan.

Sebagai agama yang mengatur hubungan antara Allah dengan manusia, Islam mengajarkan hal tersebut. Islam memerintahkan kita untuk menyertai kesalahan kepada Allah atau kepada manusia dengan kebaikan.

Apabila kita melakukan kesalahan yang berkaitan dengan Allah, kebaikan yang dapat kita lakukan adalah dengan tobat, memperbanyak istighfar dan berjanji tidak mengulang kesalahan tersebut.

Sedangkan kesalahan yang dilakukan bila berkaitan dengan manusia, kebaikan yang bisa kita lakukan adalah dengan cara meminta maaf, mengakui kesalahan, dan juga menunaikan hak kepada pihak yang berkaitan.

Sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Dzar al-Ghiffari Ra, "suatu hari, aku berkata kepada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat mendekatkanku ke surga dan menjauhkanku dari neraka.' Nabi kemudian berkata, 'Jika engkau melakukan suatu kesalahan, iringilah dengan kebaikan.' Karena rasa penasaran, aku pun berkata, 'Apakah perkataan laa ilaaha illallaah termasuk kebaikan?. Nabi menjawab, 'Ya itu sebaik-baiknya kebaikan." [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x