Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 00:38 WIB

Manfaat Berwasiat Sebelum Tidur

Senin, 5 November 2018 | 12:00 WIB

Berita Terkait

Manfaat Berwasiat Sebelum Tidur
(Foto: Istimewa)

DIKISAHKAN dari Muhammad Wasi', jika ingin tidur berkata kepada istrinya, "Aku titipkan kalian kepada Allah, mungkin saja aku tidak bangun dari tidurku."

Disebutkan dalam suatu hadis, "Tidaklah seseorang tidur di malam hari, kecuali wasiatnya diletakkan di kepalanya. Mungkin saja bermalam sebagai penghuni dunia dan di pagi hari termasuk penghuni akhirat.

Berapa banyak seseorang yang menyambut kedatangan suatu hari atau mempersiapkan suatu amalan, namun tidak dapat menyempurnakannya."

Abu Nashr bin Wad'an berkata, "Memperpendek angan-angan merupakan pokok segala kebaikan, sebagaimana panjang angan-angan merupakan pokok segala keburukan.

Sesungguhnya seseorang yang memperkirakan bahwa dirinya tidak akan hidup esok hari, tidak akan berusaha memenuhi dan memikirkannya, sehingga menjadi merdeka dari perbudakan rakus, tamak, kehinaan dan melayani pecinta dunia, baginya semuanya sudah cukup.

Barangsiapa memperkirakan bahwa dirinya akan hidup hingga sepuluh tahun misalnya maka ia menjadi budak dari sifat-sifat tercela tersebut, baginya tidak akan mencukupi sesuatu dari dunia, dan tidak akan memenuhi perut dan matanya, kecuali tanah." []

Komentar

Embed Widget
x