Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 01:12 WIB

Jika Mengenal Allah dengan Baik

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 2 November 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Jika Mengenal Allah dengan Baik
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah dan kembali hanya kepada-Nya. Dialah Dzat Yang Maha Menciptakan segala apa yang ada di alam semesta ini, mengurusnya, mengaturnya, dan mencukupinya. Dialah Dzat Yang Maha Baik, meskipun banyak makhluk yang bermaksiat pada-Nya, namun tetap Dia melimpahkan karunia-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada sang kekasih Allah, baginda nabi Muhammad Saw.

Berbahagialah orang yang mengenal Allah dengan baik, karena dia tidak akan berharap dari siapapun, kecuali hanya berharap kepada Allah Swt. Dia tidak akan berharap penilaian dari siapapun, kecuali hanya berharap penilaian dari Allah Swt. Karena segala sesuatu selain Allah tidak punya apa-apa, kecuali hanya sekedar titipan belaka.

Beruntunglah orang yang mengenal Allah dengan baik, karena ia tidak akan merasa takut kecuali hanya takut kepada Allah. Ia yakin bahwa tidak ada satupun ancaman yang berbahaya, selain dari ancaman siksa neraka. Ia sadar sepenuhnya bahwa tidak ada satupun ancaman yang berbahaya di dunia, karena setiap ancaman hanya akan terjadi atas seizin Allah Swt.

Kebahagiaan akan senantiasa menyelimuti hati orang yang mengenal Allah dengan baik. Karena dimanapun ia berada dan kapanpun, dia senantiasa merasakan Allah berada di dekatnya. Ketenangan akan senantiasa memenuhi rongga dada orang yang mengenal Allah dengan baik. Karena episode apapun dalam hidupnya, akan senantiasa dia hadapi dengan kehadiran Allah di dalam hatinya.

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS. Ar Radu [13] : 28)

Sekencang apapun kepahitan mendera hidupnya, ia akan senantiasa mantap dan kokoh berpegang pada Allah, karena ia yakin kepahitan itupun terjadi atas izin Allah. Dan ia pun yakin bahwa kepahitan adalah karunia Allah sebagai ladang amal baginya untuk bersabar. Juga seindah apapun perhiasan dunia yang berada di tangannya, ia akan senantiasa lurus tak terbuai, karena ia yakin bahwa keindahan dunia adalah milik Allah dan sifatnya sementara. Dunia hanya persinggahan semata, sehingga ia bisa memanfaatkannya untuk meraih kebahagiaan yang sejati di akhirat nanti.

Betapa beruntungnya orang yang mengenal Allah dengan baik. Ia akan senantiasa berada dalam bimbingan Allah Swt. di tengah belantara dunia yang bisa menyesatkan siapa saja yang lalai dan ceroboh.

Allah Swt. berfirman, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri." (QS. Qoff [50]: 16 17)

Semoga kita tergolong orang-orang yang senantiasa istiqomah menimba ilmu untuk bisa mengenal Allah dengan baik. WAllahu alam bishowab. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x