Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Februari 2019 | 10:33 WIB

Dunia Hanya Main-main dan Gurauan Belaka (2)

Selasa, 30 Oktober 2018 | 10:00 WIB

Berita Terkait

Dunia Hanya Main-main dan Gurauan Belaka (2)
(Foto: Istimewa)

MEREKA buang jauh-jauh nilai-nilai ajaran agama yang mulia. Mereka tidak peduli dengan aturan-aturan yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Mereka ingin terlihat 'wah' di mata manusia lainnya. Bagi mereka ini, kehidupan dunia adalah segala-galanya. Semua hal yang ada pada dirinya harus tampak berkelas di hadapan orang lain. Rumah yang mereka tempati, kendaraan yang mereka naiki, pakaian yang mereka kenakan, hobi yang mereka jalani, bahkan selera makan pun menjadi pertimbangan agar mereka dianggap sebagai orang-orang yang tengah menapaki kesuksesan duniawi.

Padahal, kalau kita mau melihat lebih jauh kehidupan dunia ini, dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersih, akan kita dapati sebuah kenyataan bahwa kehidupan yang kita jalani ini bukanlah tujuan utama kita, tetapi hanya sebuah langkah awal menuju kehidupan abadi yang sesungguhnya di akhirat nanti. Dengan kata lain, dunia ini hanyalah persinggahan sementara untuk menuju terminal akhir yakni akhirat.

Kesenangan yang dialami dan dirasakan kita semua di dunia ini berupa harta yang melimpah, ilmu pengetahuan yang tinggi, kedudukan dan jabatan yang terhormat hanyalah kesenangan semu yang bersifat sementara, yang jika kita tidak menyikapinya dengan bijak, justru akan menjadi bumerang bagi kehidupan kita di akhirat kelak. Ke semua perhiasan dunia itu bisa melenakan kita dari tujuan utama yang akan kita capai, yakni kebahagiaan abadi di akhirat nanti.

Patut kita cermati pernyataan Nabi Muhammad saw yang menyebutkan bahwa dunia ini adalah ladang untuk kehidupan akhirat. Jika kita menanam benih-benih keburukan, maka kelak kita akan memanen penderitaan dan kesengsaraan. Tetapi jika kita menanam benih-benih kebaikan, maka kelak kita akan menuai kesuksesan dan kebahagiaan. Hati-hati. Dunia hanyalah permainan dan gurauan. [didi junaedi]/selesai.

Komentar

Embed Widget
x