Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 01:07 WIB

Siapa Orang yang Paling Baik Etikanya pada Allah?

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 08:00 WIB

Berita Terkait

Siapa Orang yang Paling Baik Etikanya pada Allah?
(Foto: Ilustrasi)

DIALAH Nabi kita Muhammad SAW. Beliau bisa mencapai Sidratul Muntaha. Pada bagian sebelumnya saya mengatakan, "Allah akan memasukkan hamba-hamba-Nya dalam kenikmatan-Nya, sesuai kadar etika mereka pada saat bersama Allah." Pada saat peristiwa Isra Mikraj, Rasulullah saw bisa mencapai Sidratul Muntaha, karena beliaulah makhluk yang berakhlak paling sempurna.

Allah Swt berfirman, "Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya" (Q.S. al-Najm [53]: 17).

Ketika ke Sidratul Muntaha, beliau berada di puncak etika.

Siapa beretika melebihi Anda, ya Rasulullah saw? Karena Allah sendiri yang mengajarkan etika pada Anda. Inilah yang dituturkan al-Hindi dalam Kanz al-'Ummal yang mencantumkan hadis berikut: Rasulullah saw berkata, "Allah telah mengajarkan etika padaku dan Dia mengajarkan etikaku dengan baik."

Sekarang, tibalah waktunya berpisah. Saya titipkan pada Allah agama, kepercayaan, dan amal akhir Anda semua. Saya berpesan pada Anda mengenai kepekaan emosi. Ketahuilah, Anda semua sekarang sudah mengetahuinya. Ingatlah, seperti yang dikatakan dalam sebuah atsar:

"Celaka sekali orang yang tidak tahu. Celaka tujuh kali orang yang sudah tahu." [amru muhammad khalid]

Komentar

Embed Widget
x