Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 07:31 WIB

Gelisah Karena Allah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 9 Oktober 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Gelisah Karena Allah
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt, Dzat Yang Maha Agung, Maha Menciptakan dan Maha Kuasa. Hanya Allah yang mengatur sedemikian rupa alam semesta ini sehingga kehidupan bisa berjalan teratur. Hanya Allah yang mencukupi rezeki seluruh makhluk-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, dalam kehidupan ini kita tentu pernah bahkan sering mengalami kegelisahan. Entah itu kegelisahan karena masalah pekerjaan, masalah rumahtangga, masalah keuangan, masalah sekolah, masalah jodoh, masalah rezeki dan lain sebagainya.

Tidak jarang juga orang yang meski berada di dalam rumah yang serba ada, kendaraan bagus, makanan lebih dari cukup, kursi dan tempat tidur yang empuk, namun semua itu tidak bisa mengobati kegelisahan yang ada di dalam hatinya. Mengapa demikian?

Saudaraku, gelisah itu ada beberapa jenis. Ada gelisah yang bagus, yaitu gelisah karena merasa takut jauh dari Allah, gelisah karena takut tidak disukai Allah. Atau gelisah karena takut tidak bisa mengamalkan amal perbuatan yang disukai Allah. Atau gelisah karena takut tidak mendapatkan ampunan Allah. Gelisah yang berhubungan dengan urusan akhirat atau dengan kedudukan di sisi Allah, itu adalah gelisah yang berkah.

Kegelisahan seperti ini justru akan menghadirkan suasana yang enak di dalam hati kita. Hati ini milik Allah, jikalau Allah mengkhendaki hati kita tenang, maka akan tenang. Namun jikalau Allah mengkhendaki agar hati kita tidak tenang, maka tidak akan tenang. Kegelisahan yang disebabkan rasa harap dan takut karena Allah, adalah sesuatu hal yang disukai oleh-Nya, sehingga Allah niscaya akan mengkaruniakan ketenangan kepada kita.

Tidak ada yang pantas membuat kita gelisah dari urusan duniawi ini. Gelisah karena urusan dunia hanya akan membuat hati kita semakin cemas, khawatir, takut oleh urusan yang tidak perlu. Gelisah yang tidak dikembalikan kepada Allah Yang Maha Membolak-balik hati hanya akan membuat hidup kita terasa sempit, seolah tak ada tempat untuk berlindung dan memohon kelapangan.

Oleh karena itulah Allah Swt mengajarkan sebuah doa kepada kita manakala kita dilanda rasa gelisah, sebagaimana firman Allah Swt,"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)."(QS. Ali Imran [3] : 7).

Rasulullah Saw juga mengajarkan kita untuk sering meminta kepada Allah Swt dengan doa,"Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu."(HR.Tirmidzi, Ahmad, al Hakim)

Semoga setiap kegelisahan yang muncul di hati kita, senantiasa bisa kita kembalikan kepada Allah Swt. Hanya kepada Allah kita meminta dan hanya kepada Allah kita memohon perlindungan.WAllahualam bishowab. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x