Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 00:40 WIB

Allah Yang Maha Menutupi

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 13 September 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Allah Yang Maha Menutupi
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt yang telah menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya, mengurusnya dan mencukupi seluruh rezekinya. Tiada yang bisa menandingi kekuasaan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Semoga Allah Yang Maha Menutupi keburukan, menggolongkan kita menjadi orang yang sadar akan keburukan diri kita sendiri dan bisa memperbaikinya. Dan, semoga Allah yang menampilkan keindahan, benar-benar memperindah lahir dan batin kita, sehingga kita bisa terbebas dari sifat munafik yang hanya sibuk ingin terlihat bagus pada pandangan manusia, tapi tidak peduli penilaian dalam pandangan Allah Swt.

Salah satu asma Allah adalah Al Ghofar, yang secara bahasa artinya menutup. Apa yang ditutup oleh Allah? Setidaknya ada tiga hal. Pertama, Allah menutupi yang buruk dan pada saat yang sama Allah memperlihatkan yang indah. Contoh, sebenarnya apa yang nampak oleh mata kita atau di depan kamera itu adalah tutup. Sedangkan apa yang ada di balik wajah kita ini ada jaringan otot, tulang tengkorak dan syaraf yang apabila ditampakkan akan mengerikan.

Kedua, Allah menutupi apa yang terlintas dalam pikiran kita. Orang lain tidak pernah tahu apa yang sedang kita pikirkan. Apa yang akan terjadi seandainya lintasan pikiran kita diketahui orang lain, tentu akan kacau hidup ini. Setiap kali kita berpikiran buruk tentang seseorang yang ada di depan kita, maka akan diketahui.

Maha Besar Allah yang telah menutupinya. Meskipun orang lain tidak mengetahui lintasan pikiran kita, namun Allah Maha Mengetahui. Allah Swt berfirman, "..dan Kami mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya.." (QS. Qof [50] : 16)

Ketiga, ini yang lebih luar biasa adalah Allah tutupi aib dan keburukan kita sehingga tidak diketahui oleh orang lain. Jika saja setiap orang mengetahui aib dan keburukan sesamanya, maka tentu murid tak mau mendengarkan gurunya, umat tidak mau mendengar nasehat ulamanya, bahkan anak pun boleh jadi tidak mau mematuhi orangtuanya. Maka, Allah menutupi semua itu sebagai kesempatan bagi setiap kita memperbaiki diri dan supaya kehidupan di dunia ini berjalan dengan tenang.

Pada saat yang sama, Allah Swt memperlihatkan ilmu kita yang sedikit menjadi seperti banyak sehingga menjadi pelajaran bagi orang lain. Allah memperlihatkan sholat kita yang tidak khusyu menjadi seperti khusyu sehingga menjadi ibroh bagi orang lain.

Banyak hal yang sebenarnya kecil, tidak ada apa-apanya, namun Allah perlihatkan semua itu di dalam pandangan manusia menjadi nampak besar dan berarti sehingga di antara manusia terjadi sikap saling menghargai dan menghormati.

Maha Suci Allah Yang Maha Menutupi. Semoga kita semakin mengenal dan dekat dengan Allah Swt. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x