Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 09:49 WIB

Salat Amalan Utama yang Dihisab Saat Kiamat

Sabtu, 1 September 2018 | 07:00 WIB

Berita Terkait

Salat Amalan Utama yang Dihisab Saat Kiamat
(Foto: ilustrasi)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah salatnya."

"Apabila salatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila salatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari salat wajibnya, Allah Tabaroka wa Taala mengatakan, Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan salat sunah? Maka salat sunah tersebut akan menyempurnakan salat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu. Bilamana salat seseorang itu baik, maka baik pula amalnya, dan bilamana salat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya." (HR. Ath-Thabarani).

Pada kenyataannya masih banyak umat Islam masih sering meninggalkan salat wajib 5 waktu, dan bahkan masih banyak sekali orang yang mengaku beragama Islam tapi tidak peduli dengan masalah kewajiban mengerjakan salat. Padahal begitu besar manfaat dan pahala salat bagi seorang umat manusia.

Sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian atas diri-Nya, bahwa bagi setiap muslim yang menjaga salat wajib maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga. Karena itu orang yang meninggalkan salat dengan sengaja maka ia telah mencampakkan dirinya ke dalam kebinasaan dan dibiarkan Allah, tidak ditolong dan tidak dijamin.

Nabi Shalallahu 'Alaihi Wa salam bersabda, "Lima waktu salat yang Allah telah wajibkan kepada hamba-hamba-Nya, barangsiapa yang mengerjakannya, dia tidak menyia-nyiakannya sedikitpun juga karena menganggap remeh tentang hak-Nya, maka Allah berjanji untuk memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak melaksanakannya, maka Allah tidak berjanji untuk memasukkannya ke dalam surga. Jika Allah kehendaki maka Dia akan menyiksanya dan jika Allah kehendaki maka Dia akan mengampuninya." (HR. Malik, Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, dan An-Nasai).

Buat bunda muslimah yang sudah memiliki anak, maka kewajiban kita untuk memerintahkan buah hati kita untuk melaksanakan salat.

Berdasarkan hadis Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam, "Suruhlah anak-anakmu untuk melaksanakan salat pada umur tujuh tahun dan pukullah mereka jika sepuluh tahun belum mau untuk mengerjakannya, dan pisahkanlah tempat tidur antara laki-laki dan perempuan." (HR. Ahmad, Abu Daud : 459 ; lihat Shahih Abu Daud no.466 dan ini lafadz Hakim).

Adapun orang-orang yang tidak salat, Allah janjikan buat mereka neraka Saqar.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: "Tiap-tiap jiwa bertanggung jawab atas yang ia perbuat. Kecuali golongan kanan, (mereka) berada di dalam surga, mereka saling bertanya tentang keadaan orang-orang yang berdosa: "Apakah yang memasukkan kalian ke dalam neraka Saqar ? "Mereka menjawab: "Kami dulu tidak termasuk orang-orang yang yang mendirikan salat." (QS. Al-Mudatsir : 38-43). []

Komentar

Embed Widget
x