Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 05:17 WIB

Berdakwahlah Walau Punya Satu Ayat

Sabtu, 25 Agustus 2018 | 06:00 WIB
Berdakwahlah Walau Punya Satu Ayat
(Foto: Ilustrasi)

JANGAN remehkan yang sedikit selama itu kebaikan. Mau dakwah tapi hanya sedikit tahu ayat dan hadis? Mau ajak kebaikan tetapi masih sedikit memahami ayat dan hadis? Atau masih sedikit hapal atsar-atsar para salafush saleh? Jangan khawatir.

Dari Abdullah bin Amr Radhiallahu Anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sampaikan dariku walau satu ayat." (HR. Al Bukhari No. 3461, At Tirmidzi No. 2669, Ahmad No. 6486, 6888, 7006, Ad Darimi No. 559, Ibnu Hibban No. 6256)

Syaikh Abul Ala Al Mubarka furi Rahimahullah menjelaskan hadis ini dengan berbagai keterangan para ulama, bahwa maksudnya adalah walau menyampaikan satu ayat pendek dari Alquran. Ada yang mengatakan "ayat" di sini adalah al kalam al mufid (kalimat yang bermanfaat) semisal "Barang siapa yang diam maka dia akan selamat," atau "Agama adalah nasihat."

Ada yang mengartikan "sampaikan dariku hadis-hadisku." Ada pula yang mengatakan "sampaikan hikmah-hikmah yang diwahyukan Allah kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam." (Tuhfah Al Ahwadzi, 7/360)

Maka, sampaikan apa yang sudah kita ketahui dan pahami saja, baik berupa ayat, hadis atau nasihat para ulama dan shalihin, itu sudah cukup mendatangkan kebaikan yang banyak. Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin Rahimahullah mengatakan: "Sepantasnya bagi penuntut ilmu dan selain penuntut ilmu, dan setiap orang yang sudah memahami sunah, untuk menjelaskannya di kesempatan yang tepat.

Jangan katakan "saya bukan ulama". Benar Anda memang bukan ulama, tapi Anda punya pengetahuan, dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "sampaikan dariku walau satu ayat.." (Syarh Riyadh Ash Shalihin, Hal. 824)

Dari Abu Umamah Radhiallahu Anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah, para malaikatNya, penduduk langit, penduduk bumi, sampai-sampai semut di lubangnya, dan ikan di lautan mereka mendoakan ampun bagi orang yang mengajarkan manusia kebaikan." (HR. At Tirmidzi No. 2685. Dishahihkan oleh Imam As Suyuthi. Lihat Al Jami Ash Shaghir No. 5859)

Wallahu A'lam. [Ustaz Farid Nu'man Hasan]

Komentar

Embed Widget
x