Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 18:00 WIB

Bertobatlah bagi Para Pengingkar Sunah!

Minggu, 19 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Berita Terkait

Bertobatlah bagi Para Pengingkar Sunah!
(Foto: Ilustrasi)

DARI Salamah bin al-Akwa radhiyallahu anhu bahwa ada seorang pria yang makan dengan tangan kiri di hadapan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. Melihat hal itu, beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Makanlah dengan tangan kananmu!" Dia menjawab, "Saya tidak bisa." Nabi menjawab, "Kamu tidak akan bisa!" Tidak ada yang menghalanginya (untuk mengikuti perintah Rasul tersebut) selain kesombongan. Akhirnya, dia pun benar-benar tidak dapat mengangkat tangannya ke mulutnya. (HR. Muslim no. 2021)

Al-Qadhi Abu ath-Thayyib berkata, "Kami berada di majelis diskusi di Jami al-Manshur. Tiba-tiba, datang seorang pemuda Khurasan, bertanya tentang al-musharrah (Yaitu membiarkan susu hewan kambing atau unta tidak diperah, dalam rangka menipu pembeli) dan menuntut dalil.

Akhirnya, diberikan dalil dengan hadis Abu Hurairah yang terdapat dalam masalah ini. Namun, diayang bermazhab Hanafimenjawab bahwa Abu Hurairah tidak bisa diterima hadisnya.

Belum selesai dia berbicara, tiba-tiba jatuh menimpanya seekor ular besar dari atap masjid tersebut. Orang-orang pun melompat karenanya. Si pemuda juga lari, tetapi ular tersebut terus mengejarnya, maka dikatakan kepada si pemuda, Bertobatlah, bertobatlah!

Si pemuda pun mengatakan, Aku bertobat. Tiba-tiba, ular itu lenyap tidak berbekas."

[Lihat Siyar Alam an-Nubala 2/618. Adz-Dzahabi rahimahullah berkata, "Sanad kisah ini adalah para imam."]

Komentar

Embed Widget
x