Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 07:55 WIB

Tahun Politik, Tahun Ketidakpastian?

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Sabtu, 11 Agustus 2018 | 03:37 WIB

Berita Terkait

Tahun Politik, Tahun Ketidakpastian?
(Foto: ilustrasi)

KALAU teori clockwork universe Isaac Newton memberikan kepaatian bawa alam ini mengikuti tata kerja yang pasti, clear cut laws, teori Werner Heisenberg menyatakan hal yang terbalik, yakni teori ketidakpastian, uncertainty principle. Isaac Newton sepertinya memandang tata kerja alam ini semua linier sehingga mudah ditebak asal kondisi dan posisi awalnya diketahui.

Sementara itu, Heisenberg berkata bahwa dalam fisika quantum tidak mungkin kita mengukur posisi (x) dan momentum (p) sebuah partikel secara persis. Tak ada kepastian. Secara sederhana, Heisenberg menyatakan bahwa ruang kosong (vacuum) pun tak betul-betul kosong. Oleh karena itu matahari berbagi sinarnya dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Dalam kaitannya dengan politik Indonesia akhir-akhir ini, sepertinya teori Heisenberg sangat mengena sebagai bandingan. Tak ada prediksi yang benar-benar akurat tentang cawapres kedua capres yang sudah diduga. Mahfud MD, AHY dan Anies Baswedan adalah dugaan banyak orang. Makruf Amin dan Sandiaga Shalahuddin Uno yang hadir dalam kenyataan. Akankah ketidakpastian seperti ini berlanjut pada masa selanjutnya? Akankah terjadi banyak kejutan dalam dunia politik Indonesia? WAllahu A'lam.

Orang Madura kecewa saat melihat Mahfud MD yang sudah siap-siap dideklarasikan sebagai cawapres Joko Widodo digagalkan pada detik-detik terakhir. Ketua partai yang sejak lama sangat berharap orang partainya atau tokoh pilihannya menjadi cawapres Prabowo juga kecewa saat di bagian akhir waktu ternyata tergeser. Akankah kekecewaan seperti ini menjadi penyakit akut masyarakat sampai nanti?

Jangan memelihara kecewa dan jangan pula memendam lara. Marilah kita terus berdoa untuk bangsa ini, semoga ke depan turun lebih banyak keberkahan dan tumbuh lebih banyak kasih sayang. Menanam cinta dan kasih sayang antar anak bangsa adalah syarat awal kuatnya jiwa nasionalisme dan ikatan kesatuan dalam NKRI.

Sudah mulai banyak yang bertanya, "saya harus memilih yang mana?" Saya masih diam dan memilih menulis tulisan ini sembari mengkaji teori Isaac Newton dan Heisenberg di atas. Salam pagi, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x