Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 21:25 WIB

Wahai Pemuda Segeralah Menikah

Jumat, 10 Agustus 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

Wahai Pemuda Segeralah Menikah
(Foto: ilustrasi)

COBA perhatikan hadis ini sekali lagi. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda,

"Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, hendaknya ia menikah. Pernikahan lebih dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Barang siapa tidak/belum mampu menikah, hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya (dari maksiat)." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Al-Allamah asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata, "Di dalam hadis ini terdapat anjuran untuk para pemuda (agar menikah), khususnya para pemuda kaum muslimin. Syahwat para pemuda lebih kuat dan kebutuhan mereka untuk menikah lebih besar, sehingga dianjurkan bagi mereka menikah." (Tashilul Ilmam bi Fiqhil Ahadits min Bulughil Maram, jilid 4 hlm. 304)

Wahai Sobat Muda, jangan khawatir. Kalau niat kita baik, bahwa kita menikah untuk menjaga diri dan kehormatan kita, Allah pasti menolong kita. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda,

"Ada tiga golongan manusia yang berhak mendapat pertolongan Allah: Mujahid yang berjihad di jalan Allah, Budak yang hendak menebus dirinya supaya merdeka, Orang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya." (HR. at-Tirmidzi 1655, dinyatakan hasan oleh asy-Syaikh al-Albani rahimahullah)

Bahkan, Allah subhanahu wa taala berfirman dalam sebuah ayat, "Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kalian, dan orang-orang yang layak (untuk menikah) dari hamba-hamba sahaya kalian yang laki-laki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS an-Nur: 32)

Asy-Syaikh al-Allamah Abdurrahman as-Sadi rahimahullah berkata, "(Firman Allah) jika mereka miskin, yakni orang-orang yang menikah, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Oleh karena itu, jangan sampai kalian dihalangi kekhawatiran bahwa jika seseorang menikah, dia akan jatuh miskin disebabkan banyaknya tanggungannya, dan semisalnya. Di dalam ayat ini terdapat anjuran untuk menikah dan janji Allah bagi orang yang menikah bahwa dia akan diberi kekayaan setelah sebelumnya miskin." (Taisir al-Karim ar-Rahman)

Buruan yuk kita menikah. Mumpung masih muda. Kalian sudah tahu kan manfaat menikah? Dengan menikah, kita terjaga dari perbuatan maksiat, dapat menyalurkan kebutuhan biologis dengan cara yang aman dan halal, dan manfaat-manfaat lainnya. Buruan deh nikah. Tapi jangan lupa, bekali diri dengan ilmu, ya.

[Ustaz Abdullah/qonitah]

Komentar

Embed Widget
x