Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 20:37 WIB

Al Haadi, Allah Maha Pemberi Petunjuk

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 8 Agustus 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Al Haadi, Allah Maha Pemberi Petunjuk
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah Allah yang telah menciptakan seluruh alam semesta ini beserta segala isinya. Dan Dialah Allah yang telah mencukupi rezeki seluruhnya dan menjaganya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "..Dan sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus." (QS. Al Hajj [22] : 54)

Saudaraku, Allah Maha Pemberi Petunjuk, Al Haadi. Allah telah memberi petunjuk-Nya kepada kita sejak kita baru saja dilahirkan ke dunia. Allah memberi petunjuk kepada kita tentang cara berkomunikasi dengan ibu kita yaitu dengan tangisan. Tak ada yang mengajari kita menangis. Namun, Allah memberi petunjuk-Nya kepada kita sehingga kita bisa memberi tahu ibu kita di saat kita lapar atau merasa tidak nyaman. Maasyaa Allah.

Seiring berjalannya waktu, Allah memberikan petunjuk kepada kita berupa panca indera. Kita bisa melihat, mendengar, berbicara, untuk mencapai sesuatu. Kemudian, Allah memberikan petunjuk yang lebih tinggi lagi kepada kita berupa akal. Sehingga kita mulai bisa berpikir, mengatur perencanaan, dan strategi mencapai perencanaan itu.

Dan, petunjuk tertinggi dari Allah adalah petunjuk berupa agama, Al Islam. Yang dengan agama ini kita mengetahui kunci-kunci dan rambu-rambu untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Hanya Allah yang kuasa memasukkan petunjuk ke dalam hati manusia. Seruan, peringatan, nasehat, pengajaran, hanyalah upaya yang bisa dilakukan supaya bisa mengantarkan manusia kepada petunjuk Allah Swt. Sehingga tidak setiap orang yang menuntut ilmu, hadir di majlis talim, itu akhirnya mendapat petunjuk, yaitu jika niatnya keliru. Bisa jadi niatnya demi mendapat penilaian orang lain, atau demi bertemu dengan pujaan hatinya, atau niat yang lain yang bukan lillahi taala.

Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk." (QS. Al Qoshosh [28] : 56)

Saudaraku, petunjuk Allah itu bisa datang dari banyak jalan. Bisa dari buku, bisa dari televisi, bisa dari sekolah, bisa dari orangtua, dan lain sebagainya. Jikalau kita ingin bisa menyerap petunjuk itu, maka luruskanlah niat dan jadilah seperti gelas kosong, ambil setiap hal yang baik dan benar. Bahkan, bisa saja petunjuk Allah tu datang dari benda-benda atau makhluk-makhluk lain yang tak diduga yang kemudian menjadi bahan tafakur kita.

Beruntunglah orang-orang yang mendapatkan petunjuk Allah Swt., niscaya hidupnya selamat di dunia dan di akhirat. Semoga kita termasuk orang-orang yang demikian. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x