Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 22:20 WIB

Semua Manusia Mengalami Enak dan Tak Enak

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 8 Agustus 2018 | 00:05 WIB

Berita Terkait

Semua Manusia Mengalami Enak dan Tak Enak
(Foto: ilustrasi)

SAUDARA-SAUDARIKU, tahukah bahwa 9 orang berikut ini: Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffet, Bernard Arnault, Mark Zuckerberg, Amancio Ortega, Carlos, Slim, Charles Koch, dan David Koch memiliki kekayaan yang lebih besar ketimbang yang dimiliki 4 miliar manusia di muka bumi ini?

Susunan nama di atas didasarkan pada ranking terkaya saat ini. Begitu luar biasanya mereka. Bagaimana cara mereka mengumpulkan uang dan berapa jumlah uang mereka serta digunakan untuk apa saja? Pertanyaan ini menggoda dan membuat sebagian kita penasan ingin tahu jawabannya.

Namun, tulisan saya kali ini bukan untuk memaparkan jawaban pertanyaan-pertanyaan itu. Saya hanya ingin menyatakan bahwa mereka pernah tertawa dan juga pernah menangis. Saya juga ingin mengatakan bahwa mereka dulu juga pernah bayi dan tak punya apa-apa alias tidak membawa apa-apa. Saya juga ingin menyatakan bahwa mereka makan melalui mulut dan buang air kecil/besar dan kemaluan depan/belakang.

Lebih dari itu, saya juga ingin menyatakan bahwa mereka kadang juga pusing mengurus alur keluar masuknya keuangan mereka sebagaimana sebagian kita juga pusing karena hanya ada pengeluaran tanpa ada pemasukan. Beda kondisi namun sama pusing.

Rupanya, tangis dan tawa, pusing dan tenang, sibuk dan santai dibagi rata oleh Allah untuk menjadi pengalaman hidup semua manusia. Maksud saya, semua manusia pasti mengalami enak dan tak enak itu walau kadarnya beragam dan berbeda.

Yang ingin saya katakan adalah bahwa tak perlulah kita iri hati dan dengki kepada siapapun. Kita akan tambah pusing jika demikian. Jadilah diri sendiri, fokuslah pada pekerjaan sendiri, nikmati dan syukuri. Yakinkan semuanya berjalan di atas jalur yang disukai Allah, maka Allah akan abadikan bahagia untuk kita. Tak hanya untuk kini, tapi juga untuk nanti. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x