Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 11:41 WIB

Bolehkah Membunuh Hewan Ketika Salat?

Jumat, 3 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Berita Terkait

Bolehkah Membunuh Hewan Ketika Salat?
(Foto: Istimewa)

KALAU khusyuk itu dimaknai sebagai konsentrasi yang tidak ingat apa-apa kecuali hanya kepada Allah saja, maka pastilah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak khusyuk salatnya.

Mengapa?

Karena beliau pernah memerintahkan orang yang salat untuk membunuh ular serta hewan liar lainnya. Tentunya tidak ada seorang pun yang kualat mengatakan bahwa Rasulullah tidak khusyuk salatnya, atau bahwa beliau memerintahkan orang untuk salat dengan tidak khusyuk.

Orang yang sedang salat lalu hendak dimangsa hewan yang beracun, maka dia boleh membunuhnya, tanpa kehilangan kekhusyukan salatnya.

Dari Aisyah radhiyallahuanha istri Nabi berkata bahwa Rasulullah sedang salat di rumah, datanglah Ali bin Abi Thalib. Ketika melihat Rasulullah sedang salat, maka Ali pun ikut salat di sebelah beliau. Lalu datanglah kalajengking hingga berhenti di dekat Rasulullah namun meninggalkannya dan menghadap ke Ali.

Ketika Ali melihat kalajengking itu, Ali pun menginjaknya dengan sandalnya. Dan Rasulullah memandang tidak mengapa pembunuhan itu terjadi (dalam salat). (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani)

Dari Abi Hurairah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah memerintahkan untuk membunuh dua hewan hitam, yaitu kalajengking dan ular. (HR. Ahmad, At-Tirmizy, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah)

Bunuhlah dua hewan hitam (kalajengking dan ular). (HR. Abu Daud dan Al-Baihaqi) []

Komentar

Embed Widget
x