Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 22:40 WIB

Al Haadi

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 2 Agustus 2018 | 01:11 WIB
Al Haadi
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt, Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Beruntunglah orang yang mengikuti petunjuk Allah, karena itulah kunci kebahagiaan dunia akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Allah adalah Al Haadi, Allah Yang Maha Memberi Petunjuk. Kita seringkali memanjatkan doa, "Ihdinash shirootol mustaqim, tunjukilah kami kepada jalan yang lurus". Penting bagi kita untuk mendapatkan petunjuk Allah Swt. Karena jika tidak demikian, maka kita akan tersesat.

Seperti jika kita masuk ke dalam hutan yang belum pernah kita pijak, kemudian kita memiliki dua pilihan, apakah masuk sendirian ke dalam hutan ataukah ditemani orang lain yang mengetahui seluk beluk hutan itu. Mana yang lebih enak, mana yang lebih selamat, mana yang lebih kita pilih? Tentu kita lebih memilih yang kedua. Kita memilih ditemani dengan orang yang mengerti hutan tersebut, ditunjukkan jalan sehingga kita tidak tersesat.

Demikian juga dengan hidup kita di dunia. Hidup di dunia ini menjadi berat disebabkan kita sok tahu, tidak mengandalkan Dzat Yang Maha Tahu. Kita bisa menderita di dunia karena kebodohan kita dan sikap sok tahu kita. Dalam urusan rezeki misalnya, sudah jelas Allah Yang Maha Memberi Rezeki, Allah yang menjamin rezeki bagi seluruh makhluk-Nya, dan Allah pula yang telah memberikan panduan cara menjemput rezeki-Nya, namun manusia selalu saja sibuk sendiri dengan caranya sendiri mengejar rezeki dan melupakan Allah Swt.

Padahal Allah Swt. berfirman, "..Dan cukuplah Tuhanmu yang menjadi pemberi petunjuk dan penolong." (QS. Al Furqon [25] : 31).

Dunia ini Allah yang menciptakan, Allah pula yang menjaga, mengatur dan memeliharanya. Allah yang paling mengetahui seluk beluk dunia dan segala isinya. Maka, jalan terbaik agar selamat menjalani kehidupan dunia ini adalah dengan mengikuti petunjuk Allah Swt.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memohon petunjuk Allah Swt. Orang yang tersesat saja Allah berikan petunjuk-Nya, maka bagaimana mungkin orang yang memohon petunjuk tidak ditunjuki. Tidak ada ceritanya orang yang memohon petunjuk Allah, malah disesatkan. Mari kita tafakuri diri kita sendiri, betapa Allah Maha Pemurah, telah melimpahi kita dengan petunjuk-Nya yang datang dari berbagai jalan yang tidak kita duga. Petunjuk tersebut datang melalui orangtua kita, kerabat kita, teman-teman kita.

Dunia ini bagaikan hutan belantara. Penuh dengan marabahaya. Jika kita tidak berhati-hati dan ceroboh, maka akan mudah terperosok pada malapetaka dan tersesat jalan. Maka, mohonlah petunjuk kepada Allah dengan penuh kesungguhan. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mendapat petunjuk-Nya, sehingga selamat di dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget

x