Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 02:54 WIB

Kasak-kusuk yang Menusuk Jantung Bahagia

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 2 Agustus 2018 | 00:02 WIB

Berita Terkait

Kasak-kusuk yang Menusuk Jantung Bahagia
(Foto: ilustrasi)

ADA orang yang aktif dalam kelompok "the black gossipers" yang kerjaannya adalah menebarkan kabar fitnah, kebencian dan permusuhan yang didasarkan pada irihati dan dengki yang bersemayam dalam hatinya sendiri. Dirinya tak terima, tak ridla, akan takdir baik yang jatuh pada orang lain. Maunya, semua nikmat itu hanya layak untuk dirinya.

Ada orang yang aktif dalam kelompok "the shakiroon" yang terus saja menebar senyum bahagia walau sedang dihimpit derita. Dia bersyukur terus dengan keyakinan hati bahwa semua yang Allah takdirkan adalah yang terbaik baginya. Kira-kira, kelompok manakah dari kedua group tersebut yang paling bahagia?

Saya teringat pada dawuh guru kehidupan: "Tidak akan merasakan ketenangan jiwa, lapangnya pikiran dan pertolongan Allah di dunia, seseorang yang iri hati dan dengki serta memusuhi manusia dijadikan sebagai gaya hidup dan jalan hidupnya. Janganlah engkau jadikan hatimu bagai neraka jahim."

Ketentuan Allah pasti terjadi, rizki Allah pasti akan terbagi kepada mereka yang berhak tanpa adanya kemungkinan tertukar dengan hak orang lain. Iri hati dan dengki hanya akan melahirkan kegelisahan tanpa henti, sedangkan permusuhan hanya akan menyebabkan matinya ketenangan dan kenyamanan hidup.

Kita harus belajar mensyukuri apa yang menjadi bagian kita dan menjalani apa yang menjadi takdir kita, kemudian biasakan membangun pola hubungan yang positif. Ada hikmah besar di balik hubungan yang baik dengan orang yang memiliki nikmat melebihi kita. Jangan iri hati dan dengki, karena justru itulah yang menghancurkan kebahagiaan.

Lihatlah bagaimana cara Allah mengirimkan rizki kepada kita melalui hamba-hambaNya yang dengan mereka kita bersikap baik dan damai. Janganlah bermusuhan. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x