Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 00:47 WIB

Berita Gerhana Bulan yang Sangat Viral

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 30 Juli 2018 | 14:50 WIB

Berita Terkait

Berita Gerhana Bulan yang Sangat Viral
(Foto: Istimewa)

TAK bisa dipungkiri gerhana bulan yang terjadi beberapa hari yang lalu menjadi berita viral di media sosial. Tak cukup dengan postingan tentang data astronomi, gambar dan analisa dari berbagai bidang keilmuan muncul bertebaran. Ada hikmah di balik viralnya berita ini. Ada lebih banyak orang yang melaksanakan shalat gerhana dibandingkan dengan peristiwa serupa yang terjadi di masa lalu, saat dunia medsos belum memiliki tempat dan pengaruh.

Gerhana bulan yang bermakna tertutupnya bulan untuk menyapa bumi sebagaimana biasanya adalah peristiwa alamiah yang selalu ada walau dalam rentang spasi waktu yang lama. Ada gerhana lain yang terjadi setiap saat yang luput dari perhatian banyak manusia. Gerhana itu adalah GERHANA HATI. Apakah hati bisa gerhana? Jawabnya iya.

Ibnu Qayyim al-Jawziyah dalam kitab "Bada'i' al-Fawa'id" juz 3 hal. 224 menyatakan bahwa ketika cinta kepada Allah dan persiapan untuk berjumpa denganNya telah pergi dari hati, serta ketika perhatian pada makhluk dan kenyaman dunia mendominasi hati, saat itulah hati dinyatakan sebagai gerhana."

Lalu apa yang harus kita lakukan jika hati kita gerhana? Agar supaya normal kembali dan berada di jalur yang disukai Allah, lakukanlah shalat dengan kesungguhan hati lalu tanamkan keyakinan bahwa hidup yang normal adalah hidup karena Allah, untuk Allah dan demi Allah. Semoga hati kita tak gerhana. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x