Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 03:06 WIB

Al Qoriib

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Sabtu, 28 Juli 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Al Qoriib
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Dekat, senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang sholeh. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Allah Swt adalah Al Qoriib, Allah Yang Maha Dekat. Allah Swt berfirman, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah [2] : 186)

Allah Maha Dekat. Tentu dekatnya Allah dengan kita itu berbeda dengan dekatnya kita pada benda-benda di sekitar kita. Allah Swt bersemayam di atas Arsy, namun pengetahuan-Nya sangat dekat dengan kita, kekuasaan-Nya teramat dekat dengan kita.

Sehalus apapun bisikan kita, Allah mendengarnya. Serahasia apapun perbuatan kita, Allah melihatnya. Tidak ada yang tersembunyi dari pengetahuan Allah, karena Allah sesungguhnya sangat dekat dengan kita.

Allah Swt berfirman, "Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada" (QS. Al Mujadilah [58] : 7)

Rasa yakin bahwa Allah Maha Dekat akan membuat kita senantiasa memelihara niat, ucapan dan perbuatan kita. Karena jikalau kita malu berbuat jelek di hadapan manusia, maka tentu akan lebih malu lagi jika berbuat jelek di hadapan pengetahuan Allah Swt. Oleh karena itu, sungguh mengherankan jikalau ada orang yang seolah tanpa merasa bersalah dia korupsi, mengambil harta yang bukan haknya. Tidakkah ia sadar bahwa perbuatannya diketahui oleh Allah Swt.

Teknologi di jaman sekarang memungkinkan manusia untuk mengetahui perbuatan manusia lainnya yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Yaitu bisa dengan menggunakan alat penyadap atau kamera tersembunyi. Akan tetapi, alat-alat semacam itu masih memiliki kelemahan. Banyak hal yang terlewat disadap, banyak sudut yang terlewat direkam. Namun, pengetahuan Allah tidak ada batasannya. Allah Mengetahui segala kejadian di dalam lautan hingga di ruang angkasa, yang terang-terangan hingga yang paling rahasia.

Dialah Allah, Al Qoriib, Dzat Yang Maha Dekat. Semoga kita termasuk orang-orang yang giat untuk semakin mengenal Allah dan semakin dekat dengan-Nya. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x