Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 03:58 WIB

Al Haasib

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 26 Juli 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Al Haasib
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah di jalan-Nya dan kelak menjadi penghuni surga. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Allah Swt adalah Al Haasib, Allah Yang Maha Menghitung. Allah Swt sangat cermat penghitungan-Nya. Allah ciptakan bumi dan semua bintang-bintang dengan penghitungan yang cermat sehingga semua beredar teratur tanpa meleset sedikitpun. Allah juga sangat cermat penghitungannya sehingga seluruh makhluk di alam semesta ini mendapatkan segala yang dibutuhkannya. Oksigen tercukupi, tempat hidup tercukupi. Alhamdulillah.

Demikian juga Allah sangat cermat penghitungan-Nya dalam menghitung amal-amal kita, tidak ada yang terlewat sedikitpun sekecil apapun. Allah Swt berfirman, "Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." (QS. Al Zalzalah [99] : 7-8)

Di akhirat kelak akan ada sebuah pengadilan, ada timbangan yang sangat adil dan presisi yang akan menimbang seluruh amal perbuatan kita selama hidup di dunia, amal baik maupun alam buruk.

Suatu ketika di sebuah toko swalayan, sebuah kamera CCTV tersembunyi merekam sebuah peristiwa pencurian. Ketika pencuri itu ditangkap, dia berkelit tidak mengakuinya. Namun, oleh petugas keamanan ia dibawa ke sebuah ruangan tempat komputer berada, kemudian diperlihatkan kepada rekaman perbuatannya, sehingga dia tidak bisa mengelak dan dia pun mengakuinya.

Hidup kita pun demikian. Setiap perkataan, perbuatan bahkan niat kita ini terekam dan akan diperlihatkan kepada kita kelak di pengadilan Allah Swt. Mungkin orang lain tidak tahu keburukan kita, tapi Allah Maha Mengetahui. Mungkin juga orang lain tidak tahu pada amal kebaikan yang kita lakukan diam-diam, namun Allah Maha Mengetahui dan pasti akan memberikan ganjarannya.

Allah Maha Menghitung. Allah telah siapkan malaikat pencatat amal perbuatan kita. Dan, kelak di akhirat Allah akan berikan kesempatan pada tangan dan kaki kita untuk bersaksi tentang apa saja yang telah ia lakukan dan kemana saja ia telah berjalan. Semua akan berkata jujur, tak ada satupun yang dirahasiakan. Dan, setiap perbuatan itu akan mendapatkan balasannya dengan sangat adil.

Allah Swt berfirman, "Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya." (QS. Al Mumin [40] : 17)

Sesungguhnya Allah sangat cermat penghitungan-Nya, adil dan bijaksana. Tidak ada hamba-Nya yang akan terzholimi sebagaimana banyak terjadi di dunia manusia yang terzholimi karena penghitungan yang tidak adil yang dilakukan oleh sesama manusia.

Semoga kita tergolong hamba-hamba Allah yang husnul khotimah, mendapatkan hasil penghitungan yang selamat. Dan, semoga Allah Swt. menyelamatkan kita dari kehidupan yang sengsara di akhirat kelak. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x