Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:53 WIB

Beberapa Sifat Allah Swt

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 18 Juli 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Beberapa Sifat Allah Swt
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita tergolong hamba-hamba-Nya yang pandai bersyukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah yang awal dan yang akhir yang dhohir dan yang bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: kemudian Dia bersemayam di atas Arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Hadiid [57] : 1-4)

SubhaanAllah, ayat ini menyampaikan sebagian dari sifat-sifat Allah Swt. Saudaraku, betapa Maha Besarnya Allah Swt, dan betapa tidak berdayanya kita. Sesungguhnya makhluk tidak memiliki apa-apa selain dari karunia pemberian-Nya. Sesungguhnya para penguasa, para raja di dunia itu tidaklah memiliki apa-apa, mahkotanya hanya benda berkilau yang biasa saja, singgasananya hanya kursi biasa saja. Jika Allah menghendaki kekuasaannya sirna maka sirnalah dalam sekejap mata.

Kita tidak boleh memandang rendah makhluk, tapi setiap kali melihat sesama makhluk maka hati kecil kita harus bertafakur bahwa betapa besar kekuasaan Allah Swt.

Allah yang menghidupkan, Allah pula yang mematikan. Allah menciptakan langit dan bumi beserta segala apa yang ada di antara keduanya. Tiada apapun yang bisa menyerupai kesempurnaan Allah dalam menciptakan. Jika manusia diminta menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya, maka dijamin ia tidak akan mampu melakukannya, karena idenya, pikirannya, selalu terkait dengan apa yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan Allah, Maha Menciptakan yang permulaan.

Pengetahuan Allah Swt melingkupi segala sesuatu, dari pergerakkan bintang-bintang di angkasa hingga makhluk paling kecil di dasar samudra. Sepucuk daun kering yang jatuh di dalam hutan belantara yang belum pernah terjamah manusia, pun pasti ada dalam pengetahuan Allah Swt.

Demikianlah beberapa dari sifat Allah Swt. Semoga semakin membuat keimanan kita kepada-Nya semakin kokoh. Aamiin yaa Robbal aalamin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x