Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 19:03 WIB
 

7 Pelajaran Berharga dari Sikap Wara Abu Bakr (1)

Oleh : - | Sabtu, 14 Juli 2018 | 09:00 WIB
7 Pelajaran Berharga dari Sikap Wara Abu Bakr (1)
(Foto: Ilustrasi)

BEBERAPA pelajaran berharga yang dapat kita petik dari kisah wara Abu Bakar di antaranya:

Pertama, keutamaan Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu anhu bukan hanya terletak pada amal perbuatan anggota badan beliau, tapi karena sempurnanya keimanan dan ketakwaan dalam hati beliau. Imam Abu Bakar bin Ayyaasy (seorang ulama generasi tabiin) mengatakan: "Tidaklah Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu anhu mengungguli kalian dalam kebaikan dengan hanya semata-mata karena banyak berpuasa dan shalat, akan tetapi karena sesuatu kesempurnaan iman dan takwa yang ada di dalam hati beliau". (Miftah Daris Saadah, Ibnul Qoyim, 1/82)

Kedua, berhati-hati dalam masalah halal dan haram, mencerminkan ketakwaan seorang hamba. Karena dengan sifat ini, kebaikan agama seseorang akan selalu terjaga dengan izin Allah taala. Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda:

"Barangsiapa yang menjaga diri dari hal-hal yang samar (belum jelas status halal atau haramnya) maka sungguh dia telah menjaga kesucian agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa yang terjerumus ke dalam hal-hal yang samar tersebut maka berarti dia telah terjerumus ke dalam perkara yang haram (dilarang dalam Islam)". (HR. Muslim, no 1599)

Ketiga, termasuk bentuk aplikasi sifat wara adalah tidak memakan makanan dan menerima pemberian dari seseorang yang diketahui dengan yakin bahwa hartanya bersumber dari penghasilan yang haram, kecuali jika dia punya sumber penghasilan lain yang halal (hartanya bercampur dengan barang haram). (Lihat Bahjatun Nazhirin, 1/649)

Keempat, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari (makanan) yang haram dan neraka lebih layak baginya". (HR Ahmad, 3/321, Daarimi, no. 2776, dan dishahihkan Al-Albani)

[baca lanjutan: 7 Pelajaran Berharga dari Sikap Wara Abu Bakr (2)]

Komentar

Embed Widget

x