Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 13:17 WIB

Pertolongan Allah Sangat Dekat

Selasa, 10 Juli 2018 | 05:00 WIB

Berita Terkait

Pertolongan Allah Sangat Dekat
(Foto: Ilustrasi)

KETIKA masalah menghadang langkah kita, kita selalu mengeluh, bersedih hati dan bertanya siapa yang akan menolong kita dari masalah dan ujian itu. Kita sedih, putus asa, berkeluh kesah dengan orang lain berharap akan ada orang yang membantu kita. Padahal Allah swt, berkata:

"Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat." (Al-Baqarah [2]: 214)

Sebagai manusia, kita tidaklah mempunyai kemampuan keluar dari masalah yang sedang dihadapi dengan sendirinya. Jangan pernah lupa, selalu ada pertolongan dari Allah swt. Ingatlah, sebagai makhluk ciptaan-Nya, kita sangat lemah, kita memiliki banyak kekurangan dan keterbasan.

Sadarilah, kita tidak apa-apa di hadapan Allah, maka dari itu kita akan selalu membutuhkan pertolongan-Nya. Kadang tanpa kita sadari, kita selalu mengeluh berlebihan saat diberikan ujian dan masalah. Ibarat sekolah, kita harus mengikuti ujian untuk naik kelas. Dan begitu juga pada universitas kehidupan ini, kita harus diuji. Dan dengan pertolongan Allah kita akan mampu melewati ujian dan setiap permasalahan dalam hidup.

Sungguh, kita akan menjadi manusia sombong, jika kita merasa kita mampu menjalani semua ujian dalam hidup dengan kemampuan diri sendiri tanpa memerlukan pertolongan-Nya. Dan Allah swt, sangat tidak menyukai sifat yang demikian.

"Apakah kamu mengira akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat." (QS. Albaqarah [2]: 214)

Sadarilah, kita hanya manusia lemah, yang hanya menjalani peran di kehidupan yang sementara. Tidak memiliki daya tanpaNya. Dan saat masalah hidup datang menghampiri, janganlah terlalu bersedih hati, dan jangan berkeluh kesah pada orang lain. Karena, telah ada pertolongan terbaik dari Allah swt. Allah akan memberikan pertolongan-Nya lebih dari yang kita minta dan kita butuhkan. Jadi, apa kita masih mau mengeluh? [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x