Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 18:45 WIB
 

Tips Mengatasi Kehilangan Cinta Kekasih(3)

Oleh : - | Jumat, 6 Juli 2018 | 14:00 WIB
Tips Mengatasi Kehilangan Cinta Kekasih(3)
(Foto: ilustrasi)

Tetap Berikan Perasaanmu

APABILA para suami memahami bahwa Allah azza wajalla hanya melebihkan hak mereka satu tingkatan di atas hak-hak istri, sebagaimana yang Allah azza wajalla firmankan dalam kelanjutan ayat di atas:

. Akan tetapi, para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya, dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (QS. al-Baqoroh [2]: 228)

Maka hendaklah mereka memahami bahwa tingkatan kelebihan tersebut adalah kepemimpinan mereka atas diri istri-istri mereka, sebagaimana yang Alloh tegaskan dalam ayat-Nya:

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. (QS. an-Nisa [4]: 34)

Kalau kita tilik kembali, maka kita akan tahu bahwa satu tingkatan kelebihan berupa kepemimpinan itu sesungguhnya telah mereka terima dan mereka miliki. Bahkan sejak awal ia mengikat janji yang agung, mitsaqon gholizhon, saat ia menyatakan telah menerima pernikahan dengan istrinya maka sejak itu berarti kelebihan itu telah ia terima. Namun yang harus dipahami bersama, bahwa kepemimpinan yang dianugerahkan oleh Allah azza wajalla kepada para suami itu sama sekali tidak untuk menjadikannya sebagai pemimpin yang jelek lagi kasar. Namun Allah subhanahu wataala hanya menghendaki sikap arif, adil, dan bijaksana suami dalam memimpin istri-istri mereka. Allah azza wajalla tidak menghendaki suami menjadi seorang pemimpin yang hilang perasaan serta kasih sayangnya. Dari sini para istri harus pula memahami kedudukan suami atas dirinya sebagai seorang pemimpin meski mereka telah tahu bahwa hak-hak antara mereka sama. Dengan demikian, mereka tidak tersalah dalam mempergauli suaminya yang sekaligus pemimpinnya.

Kiranya dengan tetap saling menjaga perasaan dalam bergaul pasutri akan memahami hakikat kebersamaan hidup. Sebaliknya, kedekatan akan terasa pudar bila perasaan telah terbang menghilang. Maka tiada pilihan lain, kita harus menjadi pasutri yang berperasaan. Semoga bermanfaat. Selesai. []

Tags

Komentar

Embed Widget

x