Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 17:57 WIB
 

Zakat Menyembuhkan Depresi

Oleh : - | Rabu, 13 Juni 2018 | 05:00 WIB
Zakat Menyembuhkan Depresi
(Foto: Ilustrasi)

DEPRESI adalah gangguan kejiwaan ketika seseorang tak bisa mengendalikan emosinya, sehingga setiap saat merasa sedih dan seakan-akan selalu terimpit persoalan.

Berbeda dengan kesedihan, depresi jauh lebih parah karena orang yang depresi tidak lagi dipengaruhi oleh faktor dari luar dirinya. Selalu merasakan kesedihan dan putus asa tanpa sebab-sebab yang jelas.

Fenomena umum yang terlihat dari orang yang depresi adalah kesedihan. Namun, kesedihan bukan satu-satunya gejala yang ditunjukkan oleh penderita depresi. Terkadang, penderita merasa tidak berarti, putus asa, atau sama sekali kehilangan gairah hidup.

Ketika menghadapi suatu persoalan, penderita depresi akan merasa tertekan dan tidak punya keberanian atau kepercayaan diri untuk menghadapinya.

Jadi, bagaimana zakat bisa menyembuhkan depresi ?

Mengutip kalimat Dr. Ahmad Samih dalam buku "Buku Pintar Mukjizat Kesehatan Ibadah", menyebutkan, dengan melaksanakan kewajiban zakat, setiap muslim terdorong memikirkan nasib dan kepentingan orang lain.

Ia akan berusaha mencari jalan untuk membantu atau menolong orang lain mengatasi kesulitan mereka, situasi itu akan mendorongnya untuk keluar dari kungkungan egoism, kesenangan untuk menyendiri, dan terlalu mmemperhatikan diri sendiri yang sering kali menjadi penyebab depresi.

Ketika memikirkan kepentingan orang fakir dan yang membutuhkan serta mencari cara untuk menolong mereka, niscaya kita akan terlepas dari ancaman depresi.

Para penderita depresi bisa sembuh jika mereka membiasakan diri untuk memberi, berbagi, dan memperhatikan kepentingan orang lain. Kebiasaan itu merupakan obat yang paling efektif untuk menyembuhkan depresi. [Chairunnisa Dhiee]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x