Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 16:11 WIB

Hari Lebaran, Momentum Berkumpul Bersama Keluarga

Oleh : - | Jumat, 15 Juni 2018 | 05:00 WIB
Hari Lebaran, Momentum Berkumpul Bersama Keluarga
(Foto: Istimewa)

UMAT Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga. Tradisi mudik dan pulang kampung merupakan moment jelang Lebaran.

Idul Fitri adalah hari raya umat Islam sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Biasanya pada tanggal tersebut, umat Islam melakukan salat Ied bersama-sama di mesjid, di lapangan jika area ibadahnya tidak cukup menampung jemaah.

Takbir mulai dikumandangkan setelah bulan Syawal dimulai. Di mesjid dan dijalan raya, gema takbir berkumandang menandakan hari kemenangan dimulai setelah 30 hari berpuasa Ramadan. Sebelum menunaikan Salat Sunnah Idul Fitri, kaum muslimin juga diwajibkan membayar zakat fitrah sebanyak 2,5 kilogram bahan pangan pokok, atau juga bisa berupa uang.

Jika zakat dibayarkan setelah salat Ied hukumnya sedekah bukan zakat. Tujuan dari zakat fitrah sendiri adalah untuk memberi kebahagiaan pada kaum fakir miskin. Setelah Salat sunah Ied 2 rakaat di sertai Khutbah dan dilanjutkan doa.

Kaum muslimin saling bermaaf-maafan, silaturahim/ halal bi halal dengan sanak keluarga dan tetangga, kadang ada juga yang melakukan ziarah kubur. Hidangan khas lebaran Indonesia berupa ketupat, opor ayam/kuah ketupat dan macam jenis kue kering dan kue basah. []

Komentar

Embed Widget

x