Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 10:28 WIB
 

Jangan Menuhankan Ikhtiar

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 25 Juni 2018 | 01:11 WIB
Jangan Menuhankan Ikhtiar
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah yang menggenggam seluruh makhluk-Nya. Dialah Dzat Yang Maha Dekat, Maha Tahu lagi Maha Kuasa atas segalanya secara sempurna. Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah Saw.

Saudaraku, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas seluruh makhluk dan segala kejadian. Tiada satupun peristiwa sekecil dan sehalus apapun yang terjadi di alam semesta ini kecuali karena Allah mengizinkannya terjadi. Bergabung seluruh jin dan manusia untuk melakukan sesuatu, jikalau Allah tidak mengizinkan maka pasti tidak akan terjadi.

Allah Swt berfirman, "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath Tholaq [65]:2-3)

Kita memang harus menyempurnakan ikhtiar, sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah Swt. Akan tetapi jangan sampai kita menuhankan ikhtiar kita, seolah hanya dengan usaha kita sendirilah kita bisa berhasil, seolah hanya dengan kecerdasan kita sendirilah kita bisa meraih sukses. Tidak demikian, karena sesungguhnya Allah yang memberi kekuatan dan kemampuan kepada kita, Allah pula yang memberi ilmu pengetahuan kepada kita. Juga Allah yang memberikan kesempatan kepada kita untuk berusaha.

Kewajiban kita adalah menjadikan segala karunia dari Allah itu sebagai ladang amal sholeh, mengisinya dengan ikhtiar yang sempurna sesuai dengan apa yang Allah ridhoi; menempuh jalan yang halal dan menjauhi yang haram dan yang syubhat.

Kita pergi ke dokter, meminum obat, adalah langkah kita menyempurnakan ikhtiar agar sembuh dari sakit. Sedangkan yang memberikan sehat kepada kita, yang mengangkat sakit kita hanyalah Allah Swt. Kita pergi ke sekolah, berlajar dari para guru, adalah langkah kita menyempurnakan ikhtiar agar menjadi orang yang berilmu. Sedangkan yang memiliki dan memberikan ilmu kepada kita hakikatnya hanyalah Allah Swt.

Saudaraku, marilah kita sempurnakan ikhtiar kita sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt. Semoga Allah ridho kepada kita dan melimpahi kita dengan pertolongan dan keselamatan. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Komentar

Embed Widget

x