Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 23:30 WIB

Karena Izin Allah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Minggu, 24 Juni 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Karena Izin Allah
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Memperhatikan, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, makhluk itu tidak ada yang kuat, tidak ada yang berketerampilan, tidak ada yang terlatih, tidak ada yang cerdas, kecuali semua itu terjadi karena izin Allah Swt. Laa haulaa walaa quwwata illaa billaah, manusia itu tiada daya tiada kekuatan kecuali atas izin Allah.

Rasulullah Saw bersabda, "Wahai Abdullah bin Qois, katakanlah Laa haula wa laa quwwata illaa billah, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga" (HR. Bukhari)

Makhluk itu tidak ada yang bisa mendatangkan manfaat, dan tidak juga mampu mendatangkan madhorot kecuali semua itu terjadi karena izin Allah Swt. Jika Allah berkehendak, maka tidak ada satupun yang bisa menghindar atau mengelak dari ketentuan-Nya.

Kita memang harus terus belajar, tapi belajar itu bukan untuk terlihat pintar di hadapan orang lain. Kita belajar adalah karena amal sholeh, ibadah kepada Allah Swt. Kita terus berlatih bukan karena supaya terlihat hebat di hadapan orang, kita terus berlatih adalah sebagai amal sholeh di hadapan Allah Swt. Kita harus terus bekerja, tapi bukan agar terlihat berkedudukan di hadapan manusia. Kita bekerja adalah agar menjadi amal sholeh di hadapan Allah Swt. Tiada yang bisa menjadikan kita pintar atau terampil kecuali Allah Swt. yang menghendaki kita demikian.

Dan, kalau kita sudah memiliki sedikit dari kepintaran sebagai karunia Allah, maka tidak boleh kita merasa pintar karena ini adalah jebakan syaitan terhadap penyakit ujub atau merasa diri hebat. Tetaplah merunduk dan merendahkan hati serta yakin bahwa segalanya hanyalah karunia Allah Swt. dan kepada-Nya semua akan kembali. WAllahualam bishshowab. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x