Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 17:42 WIB
 

Shaum Melatih Kesabaran

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 6 Juni 2018 | 01:11 WIB
Shaum Melatih Kesabaran
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah Dzat Yang Maha Mendengar setiap doa dan Maha Mengabulkan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang shaum di bulan Romadhon dengan penuh keimanan dan hanya mencari ganjaran keridhoan Allah, maka Allah ampuni dosa-dosa yang telah lalu." (HR. Bukhori dan Muslim)

Saudaraku, ketika melaksanakan shaum maka kita dilatih untuk mengendalikan diri menghadapi berbagai hal yang sebenarnya halal bagi kita. Kita menahan diri dari makan, minum, dan bagi yang sudah memiliki pasangan menahan diri dari hubungan suami istri. Demikian juga kita dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu dan menahan emosi.

Betapa shaum melatih kita kesabaran. Sabar itu ada pada tiga tempat, sabar dalam menjalani ketaatan kepada Allah Swt., sabar dalam menjauhi kemaksiatan, dan sabar dalam menyikapi takdir Allah. Semua kesabaran ini kita melatih diri melalui ibadah shaum.

Kita menjalani shaum sepanjang hari hingga waktu maghrib tiba, ini adalah perkara yang berat kecuali bagi hamba-hamba Allah yang sabar. Ketika shaum tiba-tiba datang kejadian yang memancing kemarahan, maka ini adalah urusan yang berat kecuali bagi orang yang sabar. Hanya orang yang sabarlah yang kemudian bisa merasakan nikmat dan bahagianya saat berbuka.

Rasulullah Saw. mengajarkan, "Sesungguhnya shaum itu perisai. Jika salah salah seorang di antara kalian sedang shaum maka janganlah kalian berkata-kata jorok, jangan bertindak bodoh. Jika seseorang mengajak berkelahi atau mencela dirinya maka katakanlah, Aku sedang shaum." (HR. Bukhari dan Muslim)

Indah sekali pribadi yang memiliki keterampilan bersabar. Apapun yang ia hadapi senantiasa menjadi ladang amal sholeh baginya. Semoga kita tergolong orang-orang yang bersabar. Aamiin yaa Robbalaalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x