Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 17:47 WIB
 

Umat Terbaik

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Minggu, 10 Juni 2018 | 01:11 WIB
Umat Terbaik
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allog Yang Maha Mengetahui segala kejadian yang nampak maupun yang tersembunyi, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba yang ahli syukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang maruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Ali Imron [3] : 110)

Dalam ayat ini Allah Swt menyanjung kita sebagai umat yang terbaik di antara sekian banyak umat manusia. Akan tetapi, Allah memberikan beberapa catatan mengenai kriteria dari umat terbaik itu. Diantaranya adalah umat yang beramar maruf nahyi munkar dan beriman kepada Allah Swt. Jika kriteria ini tidak ada pada diri kita, maka tidak patut kita menyandang gelar sebagai umat terbaik.

Semaju apapun kehidupan kita, secanggih apapun perlengkapan kita, selama tidak ada iman di hati kita, maka sebenarnya kita tidak terhormat. Senyaman apapun tempat kita tinggal, seelit apapun lingkungan tempat kita berada, kalau tidak ada semangat amar marruf nahyi munkar di dalamnya, maka kita bukanlah manusia yang terhormat. Di hadapan Allah semua itu hampa tak bernilai.

Sedangkan sesederhana apapun kehidupan kita, jika kita senantiasa menghadirkan keimanan pada Allah dalam setiap sendi kehidupan kita, maka kita memiliki posisi terhormat di hadapan Allah Swt. Dan, sesederhana apapun lingkungan tempat tinggal kita jika ada suasana saling mengingatkan, suasana amar maruf nahyi munkar, maka ini akan menghadirkan keberkahan di tengah-tengah kita.

Semoga kita termasuk pada golongan hamba-hamba Allah yang layak menyandang gelar umat terbaik itu, yaitu umat yang beriman kepada Allah dan menebarkan amar maruf nahyi munkar di tengah-tengah kita. Aamiin yaa Robbaaalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x