Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 07:28 WIB
 

Rasul: Sambutlah Panggilan Azan, Datangi Masjid!

Oleh : - | Senin, 4 Juni 2018 | 12:00 WIB
Rasul: Sambutlah Panggilan Azan, Datangi Masjid!
(Foto: ilustrasi)

ABDULLAH Ibnu Ummi Maktum, salah seorang sahabat yang ditimpa kebutaan, pernah berkata kepada Rasulullah:

Wahai Rasulullah, saya tidak punya pembantu yang bisa menuntun saya ke masjid. Apa saya boleh shalat (fardhu) di rumah? Nabi bertanya: apa engkau mendengar azan di masjid. Ibnu ummi Maktum menjawab: ya saya mendengar.

Rasul menjawab: sambutlah panggilan azan tersebut (datangi masjid). Dalam riwayat lain: saya tidak mendapati ada dispensasi untukmu. Artinya: engkau tetap harus shalat fardhu di masjid.

Berdasarkan dalil-dalil tersebut, shalat fardhu secara berjamaah di masjid adalah perkara yang sifatnya wajib, bagi laki-laki yang tidak memiliki uzur (seperti sakit) dan dia mendengar panggilan azan. Jika kita bisa bersemangat menunaikan shalat tarawih berjamaah di masjid padahal itu hukumnya sunnah, maka shalat fardhuyang hukumnya wajibtentu lebih utama lagi untuk kita kerjakan secara berjamaah di masjid.

Dengan demikian, semoga momentum Ramadhan ini benar-benar mampu memberikan perubahan perubahan melalui puasa dan shalat berjamaah yang kita kerjakan. Dan itu akan terlihat selepas Ramadhan. Masihkah kita rutin mengunjungi rumah Allah untuk berjamaah? Jawaban dari pertanyaan ini, adalah barometer kesuksesan kita dalam menggapai tujuan madrasah Ramadhan ini.

[Ustadz Johan Saputra Halim, MH.I.]

Komentar

 
Embed Widget

x