Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 09:40 WIB

Alasan Banyak Bersedekah di Bulan Ramadan (1)

Senin, 28 Mei 2018 | 11:00 WIB

Berita Terkait

Alasan Banyak Bersedekah di Bulan Ramadan (1)
(Foto: Ilustrasi)

BERIKUT 7 alasan banyak bersedekah di bulan Ramadan:

1- Bulan Ramadhan adalah waktu yang mulia dan pahala menjadi berlipat ganda, termasuk pula pahala bersedekah.

2- Rajin berderma pada bulan Ramadhan berarti membantu orang yang berpuasa, orang yang melakukan shalat malam dan orang yang berdzikir. Bersedekah ketika itu supaya membantu mereka agar mudah beramal. Orang yang membantu di sini akan mendapatkan pahala seperti pahala mereka yang beramal. Sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan orang yang memberi makan buka puasa,

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi, no. 807; Ibnu Majah no. 1746; Ahmad, 5: 192; dari Zaid bin Khalid Al-Juhani. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

3- Di bulan Ramadhan, Allah juga berderma dengan memberikan rahmat dan ampunan-Nya serta pembebasan dari api neraka, lebih-lebih lagi pada malam Lailatul Qadar.

4- Menggabungkan antara puasa dan sedekah adalah sebab seseorang dimudahkan masuk surga.

Dari Ali, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya." Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, "Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut, wahai Rasulullah?" Beliau bersabda,

"Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan shalat di malam hari ketika manusia terlelap tidur." (HR. Tirmidzi, no. 1984; Ahmad 1: 155. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

[baca lanjutan: Alasan Banyak Bersedekah di Bulan Ramadan (2)]

Komentar

Embed Widget
x