Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 09:32 WIB

Berlebihan saat Berbuka, Ingatlah Orang Miskin!

Senin, 28 Mei 2018 | 08:00 WIB

Berita Terkait

Berlebihan saat Berbuka, Ingatlah Orang Miskin!
(Foto: Ilustrasi)

KADANG sebagian kita berbuka dengan terlalu berlebihan dan itu banyak tersisa. Padahal di luar sana, banyak yang miskin yang lebih membutuhkan makan.

Lihatlah bagaimana keadaan Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang sangat mencintai orang miskin. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah berwasiat pada Abu Dzar Al Ghifari di mana Abu Dzar berkata,

"Kekasihku (Rasulullah) shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: (1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku, (3) beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku, (4) aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan laa hawla wa laa quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah), (5) aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit, (6) beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah, dan (7) beliau menasehatiku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia" (HR. Ahmad, 5:159. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Padahal kita diajarkan untuk memandang orang yang berada di bawah kita.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Itulah yang lebih pantas. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah kepadamu." (HR. Muslim, no. 2963).

Marilah kita semangat bersedekah demi membahagiakan mereka yang miskin di bulan Ramadhan ini.

[baca lanjutan: Membaranya Semangat Sedekah Rasulullah saat Ramadan]

Komentar

Embed Widget
x