Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 19:03 WIB

Tenang Menghadapi Perbedaan

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Minggu, 3 Juni 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Tenang Menghadapi Perbedaan
(Foto: SMSTauhiid)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga kita tergolong orang-orang yang senantiasa mendapat petunjuk Allah. Barangsiapa yang mendapat petunjuk-Nya, niscaya tidak akan tersesat. Sholawat dan salam semoga slelau tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al Hujurot [49] : 13)

Perbedaan di antara kita sangatlah manusiawi. Tidak mungkin seseorang dengan orang lain memiliki kesamaan yang sama persis, pasti akan lebih banyak perbedaannya. Bahkan adik kakak yang kembar identik sekalipun. Demikian juga dalam hal cara pandang, gagasan, buah pikiran, keinginan, setiap orang pasti berbeda-beda.

Allah Swt sudah menerangkan kepada kita bahwasanya perbedaan itu suatu keniscayaan. Oleh karena itu, perbedaan itu tidaklah membahayakan, yang membahayakan adalah jika kita salah menyikapi perbedaan. Perlu ketenangan dalam menyikapi perbedaan, bukan emosi. Karena kalau emosi yang didahulukan, maka akan banyak konflik yang terjadi disebabkan alasan perbedaan. Jikalau emosi didahulukan maka masalah yang kita hadapi akan sulit menemui jalan keluarnya.

Maka, perlu kejernihan pikiran, ketenangan hati dalam menyikapi masalah yang timbul karena perbedaan. Inilah kunci penting untuk kita dalam menjalani hidup bersosial atau bermasyarakat. Perbedaan yang hadir ditengah-tengah kita adalah ladang amal bagi kita untuk saling mengenal, mentafakuri, menghargai, menghormati. Sehingga perbedaan itu bisa berbuah kekuatan bagi kita, bukan menjadi pemicu keburukan di tengah kita.

Semoga Allah Swt. memberi kekuatan dan kita termasuk orang-orang yang berhati bening sehingga senantiasa tenang menghadapi perbedaan dan selamat menjalani hidup ini. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x